Implementasi Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) pada Kurikulum 2013 dalam Kegiatan Saintifik Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Ponorogo

Dani, Efie Rahma (2020) Implementasi Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) pada Kurikulum 2013 dalam Kegiatan Saintifik Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI EFIE.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rahma Dani, Efie. 2020. Implementasi Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) pada Kurikulum 2013 dalam Kegiatan Saintifik Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ahmad Natsir, M. Pd. I

Kata Kunci: Implementasi, Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM), Kurikulum 2013, Saintifik, Mata Pelajaran Fikih
Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah dalam rangka menerapkan kurikulum 2013 untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Akan tetapi, hasil penelitian survei Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama menyatakan bahwa terdapat 11 propinsi pada Sekolah Menengah Pertama yang memiliki hambatan dalam pengimplementasian kurikulum 2013 diantaranya terbatasnya buku pelajaran di sekolah, guru kurang terampil dalam membuat media pembelajaran dengan teknologi informasi, kurangnya dukungan sarana pembelajaran kurikulum 2013 seperti laptop dan infokus di kelas. Berbeda halnya dengan kurikulum di MTs Negeri 2 Ponorogo yang telah dilaksanakan dengan baik, bahkan telah dikembangkan adanya Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). UKBM adalah perangkat belajar bagi peserta didik untuk mencapai kompetensi pengetahuan dan keterampilan pada pembelajaran dengan menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS) sekaligus sebagai wahana peserta didik untuk menumbuhkan kecakapan hidup Abad 21 seperti berpikir kritis, bertindak kreatif, bekerjasama, dan berkomunikasi, serta tumbuhnya budaya literasi dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk kegiatan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Ponorogo, dan (2) mendeskripsikan Implementasi Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dalam Pembelajaran Saintifik pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Ponorogo.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan peneliti sebagai instrumen. Subyek penelitiannya adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru fikih dan sebagian peserta didik. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum 2013 berbasis UKBM di MTs Negeri 2 Ponorogo sudah dijalankan dengan baik. Madrasah memiliki manajemen dan fasilitas yang mendukung. Akan tetapi, terkendala pada biaya dan jaringan internet yang lambat sehingga pelaksanaan UKBM belum maksimal. Pengawas madrasah dan Kementerian Agama untuk memonitoring dan mengevaluasi jalannya pembelajaran berbasis UKBM guna perbaikan yang lebih baik. (2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dapat dikatakan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang terdapat dalam RPP. Pada kegiatan inti guru sudah menerapkan lima komponen pendekatan saintifik, yaitu mengamati, menanya, menalar, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan yang difasilitasi dengan menggunakan UKBM. Siswa juga terlihat aktif saat pembelajaran berlangsung. Akan tetapi, pembelajaran fikih belum selamanya menggunakan UKBM, karena terkendala oleh biaya penggandaan modul UKBM dan pembuatan UKBM yang cukup lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Natsir
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 May 2020 03:28
Last Modified: 19 May 2020 03:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9266

Actions (login required)

View Item View Item