Pengaruh Kreativitas Guru dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran SKI Di MAN 2 Ngawi

Fajrin, Febi Rohmawati (2020) Pengaruh Kreativitas Guru dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran SKI Di MAN 2 Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316194_FEBI ROHMAWATI FAJRIN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Fajrin, Febi Rohmawati, 2020. Pengaruh Kreativitas Guru dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran SKI di MAN 2 Ngawi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Wilis Werdiningsih, M.Pd.I.
Kata Kunci: Kreativitas Guru, Interaksi Teman Sebaya, Keaktifan Belajar
Aktif merupakan keikutsertaan berpola, giat, dan lincah. Dalam proses belajar mengajar, keaktifan peserta didik merupakan hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan oleh seorang pendidik. Secara teoritis kreativitas guru merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa, karena dengan kreativitas guru dapat menciptakan pembelajaran yang lebih aktif, dinamis, tidak monoton dan menjenuhkan siswa sehingga siswa akan lebih bersemangat dan senang menerima pembelajaran. Selain itu interaksi teman sebaya juga dapat mempengaruhi keaktifan belajar siswa. Dengan adanya interaksi teman sebaya yang baik di sekolah yang terjadi saat kegiatan belajar mengajar di dalam kelas maupun di luar kelas, maka dapat menumbuhkan motivasi belajar yang dapat meningkatkan keaktifan dan keefektifan belajar siswa. MAN 2 Ngawi merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Ngawi yang memiliki guru-guru yang kreatif dan interaksi teman sebaya di antara siswa-siswi juga terjalin dengan baik. Keaktifan siswa meningkat dengan adanya guru yang kreatif dan interaksi teman sebaya yang baik. Meskipun demikian di antara para siswa masih ada yang pasif dan kurang serius dalam mengikuti proses pembelajaran.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh kreativitas guru terhadap keaktifan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran SKI di MAN 2 Ngawi, (2) mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya terhadap keaktifan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran SKI di MAN 2 Ngawi, (3) mengetahui pengaruh kreativitas guru dan interaksi teman sebaya terhadap keaktifan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran SKI di MAN 2 Ngawi.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Ngawi yang berjumlah 197 dan sampel yang digunakan adalah 70 siswa. Analisis data yang digunakan regresi linier sederhana dan regresi linier ganda.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: 1) ada pengaruh kreativitas guru terhadap keaktifan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran SKI di MAN 2 Ngawi dengan diperoleh Fhitung (12,100) > Ftabel (3,98), dengan besar pengaruh sebesar 15,1%, 2) ada pengaruh interaksi teman sebaya terhadap keaktifan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran SKI di MAN 2 Ngawi dengan diperoleh Fhitung (13.061) > Ftabel (3,98), dengan besar pengaruh 16,1%, 3) ada pengaruh kreativitas guru dan interaksi teman sebaya terhadap keaktifan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran SKI di MAN 2 Ngawi dengan diperoleh Fhitung (9,555) > Ftabel (3,13), dengan besar pengaruh 22,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 May 2020 04:20
Last Modified: 19 May 2020 04:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9263

Actions (login required)

View Item View Item