Penerapan Pembelajaran IPA Berbasis Al Qur’an Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Nilai Karakter Religius dan kerjasama Siswa Kelas V SD Tarbiyatul Islam Ponorogo pada Tema 8 Materi Siklus Air

Rahmawati, Lisa (2020) Penerapan Pembelajaran IPA Berbasis Al Qur’an Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Nilai Karakter Religius dan kerjasama Siswa Kelas V SD Tarbiyatul Islam Ponorogo pada Tema 8 Materi Siklus Air. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210616003_LISA RAHMAWATI,,.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rahmawati, Lisa. 2020. Penerapan Pembelajara IPA Berbasis Al Qur’an melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Nilai Karakter Religius dan Kerjasama Siswa Kelas V SD Tarbiyatul Islam Kertosari Babadan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidika Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr.Wirawan Fadly, M.Pd.

Kata Kunci: IPA Berbasis Al Qur’an, Contextual Teaching and Learning, Karakter Religius, Kerjasama

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang didalamnya menanamkan nilai kompetensi dan nilai karakter. Kurikulum ini sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yaitu menanamkan pendidikan karakter dalam diri peserta didik melalui pendidikan yang bertahap, berkesinambungan, dan terprogram. Salah satu cara untuk menanamkan nilai karakter yaitu dengan mengintegrasikan pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini, peneliti menerapkan pembelajaran IPA Berbasis Al Qur’an melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning yang bertujuan untuk meningkatkan nilai karakter religius dan kerjasama. Pendekatan Contextual Teaching and Learning yaitu pendekatan yang menghubungkan antara teori ilmiah dengan pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari yang bertujuan untuk menemukan suatu pengetahuan baru. Pendekatan CTL yang diintegrasikan dengan ayat Al Qur’an dalam pembelajaran IPA akan dapat meningkatkan nilai karakter religius dan kerjasama siswa. Hal ini dikarenakan adanya keterkaitan antara Ayat Al Qur’an dengan komponen-komponen pendekatan CTL yaitu komponen contructivisme, inquiry, learning community, modelling, dan bertanya. Metode penelitian yang dilakukan yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan dua siklus. Di mana data dikumpulkan melalui kegiatan observasi dan tes kontekstual berbasis nilai karakter religius dan kerjasama yang kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif-kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I terjadi peningkatan sedang pada nilai karakter religius sebesar 45,89% dengan nilai rata-rata pra siklus sebesar 68,93 dan nilai rata-rata siklus I sebesar 83,04. Sedangkan, juga terjadi peningkatan sedang pada nilai karakter kerjasama sebesar 46,06% dengan nilai rata-rata pra siklus sebesar 68,04 dan nilai rata-rata siklus I sebesar 84,29. Peningkatan hasil penelitian pada siklus I terjadi karena adanya penerapan pembelajaran IPA berbasis CTL yang diintegrasikan dengan ayat Al Qur’an. Kemudian, pada siklus II terjadi peningkatan tinggi pada nilai karakter religius sebesar 79,74% dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 83,04 dan nilai rata-rata siklus II sebesar 95,36. Sedangkan, juga terjadi peningkatan tinggi pada nilai karakter kerjasama sebesar 84,16% dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 84,29 dan nilai rata-rata siklus II sebesar 96,07. Peningkatan yang signifikan ini karena adanya perbaikan pada siklus II yaitu dengan memberikan penguatan berupa kegiatan yang langsung berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Melihat hasil penelitian tersebut menjadikan temuan ini dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi pengembangan strategi pembelajaran berbasis nilai karakter pada dunia pendidikan. Selain itu, penelitian ini juga dapat dijadikan sebagai motivasi guru untuk selalu berinovasi dan kreatif dalam mengemas suatu pembelajaran berbasis nilai karakter agar dalam pelaksanaannya dapat menjadikan peserta didik yang memiliki kepahaman pada nilai kognitif, spritual, dan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 06:39
Last Modified: 27 May 2020 05:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9259

Actions (login required)

View Item View Item