(LEMBAR PERSETUJUAN BELUM DI TTD KAJUR) Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Pengelolaan Sarana Prasarana Terhadap Mutu Pembelajaran Di SMA Negeri 1 Ngrayun Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020

Istiqomah, Ainul Nurhayati (2020) (LEMBAR PERSETUJUAN BELUM DI TTD KAJUR) Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Pengelolaan Sarana Prasarana Terhadap Mutu Pembelajaran Di SMA Negeri 1 Ngrayun Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AINUL NURHAYATI ISTIQOMAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Istiqomah, Ainul Nurhayati. 2020. Pengaruh Profesionalisme Guru dan Pengelolaan Sarana Prasarana Terhadap Mutu Pembelajaran di SMA Negeri 1 Ngrayun Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Mukhibat, M.Ag.
Kata Kunci: Profesionalisme Guru, Pengelolaan Sarana Prasarana, Mutu Pembelajaran
Mutu pembelajaran merupakan faktor utama dan terpenting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Profesionalisme guru juga berpengaruh terhadap mutu pembelajaran. Profesionalisme guru merupakan kondisi, arah, nilai, tujuan, dan kualitas suatu keahlian dan kewenangan dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang berkaitan dengan pekerjaan seseorang yang menjadi mata pencaharian, guru yang memiliki profesionalisme yang baik adalah guru yang memenuhi empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian. Di samping itu adanya pengelolaan sarana prasarana yang baik juga akan membantu guru dalam proses belajar mengajar, sehingga akan membantu meningkatkan motivasi siswa yang tentunya akan meningkatkan prestasi siswa pula. Di SMA Negeri 1 Ngrayun Ponorogo, tidak semua guru yang ada di sekolah tersebut mempunyai kompetensi profesionalisme yang baik dan masih kurangnya pengelolaan sarana prasarana sekolah. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peserta didik yang melakukan remidi atau perbaikan karena nilainya tidak mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) saat mengikuti ulangan tengah semester.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh profesionalisme guru terhadap mutu pembelajaran, (2) pengaruh pengelolaan sarana prasarana terhadap mutu pembelajaran, dan (3) pengaruh secara bersama-sama antara profesionalisme guru dan pengelolaan sarana prasarana terhadap mutu pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian Ex-Post Facto. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Ngrayun Ponorogo, dengan sampel seluruh guru yang ada disekolah tersebut sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan observasi. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas yaitu korelasi product moment dan uji reliabilitas yaitu Spearman Brown. Uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastistas. Uji hipotesis menggunakan uji regresi sederhana yaitu uji t dan uji regresi linier berganda menggunakan uji F.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan profesionalisme guru terhadap mutu pembelajaran di SMA Negeri 1 Ngrayun Ponorogo dibuktikan dengan thitung (7,530) > ttabel (2,048), berpengaruh sebesar 66,9% dan 33,1% di pengaruhi oleh faktor lain. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan pengelolaan sarana prasarana terhadap mutu pembelajaran di SMA Negeri 1 Ngrayun Ponorogo dibuktikan dengan thitung (5,420) > ttabel (2,048), berpengaruh sebesar 51,2% dan 48,8% di pengaruhi oleh faktor lain. (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama profesionalisme guru dan pengelolaan sarana prasarana terhadap mutu pembelajaran di SMA Negeri 1 Ngrayun Ponorogo dibuktikan dengan Fhitung (41,174) > Ftabel (3,34), berpengaruh sebesar 75,3 % dan 24,7 % dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian ini menyimpulakan bahwa profesionalisme guru dan pengelolaan sarana prasarana mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap mutu pembelajaran di SMA Negeri 1 Ngrayun Ponorogo baik secara parsial maupun simultan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan semua warga sekolah untuk bekerja sama dalam pengelolaan sarana prasarana dan guru dapat meningkatkan keprofesionalismenya sehingga mutu pembelajaran akan selalu meningkat dari waktu ke waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 06:39
Last Modified: 26 May 2020 02:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9258

Actions (login required)

View Item View Item