Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Siswa dan Lingkungan Belajar di Sekolah terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Gesing Kismantoro Wonogiri Tahun Pelajaran 2019/2020

Narti, Dwi (2020) Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Siswa dan Lingkungan Belajar di Sekolah terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Gesing Kismantoro Wonogiri Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DWI NARTI.pdf

Download (670kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Narti, Dwi. 2020. Pengaruh Kecedasan Intrapersonal Siswa dan Lingkungan Belajar di Sekolah Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Gesing Kismantoro Wonogiri Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Mukhlison Effendi, M.Ag.
Kata Kunci: Kecerdasan Intrapersonal, lingkungan Belajar di Sekolah, Konsentrasi Belajar.
Belajar memerlukan kesiapan siswa untuk menerima materi di kelas. Kesiapan yang diperlukan dalam belajar adalah kesiapan fisik dan mental. Salah satu kesiapan mental yang mempengaruhi kegiatan belajar adalah konsentrasi. Konsentrasi ini penting dalam kegiatan belajar karena konsentrasi merupakan modal utama bagi siswa dalam menerima materi pelajaran supaya proses dan tujuan pembelajaran tercapai dan berhasil. Namun dalam realitanya konsentrasi ini sering menjadi permasalahan dalam belajar. Siswa sering kurang berkonsentasi dalam mengikuti kegiatan belajar sehingga siswa tidak bisa menyerap materi pelajaran dengan baik yang berdampak pada keberhasilan mencapai tujuan belajar tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh kecerdasan intrapersonal siswa terhadap konsentrasi belajar siswa kelas V SDN 2 Gesing Kismantoro Wonogiri. (2) Mengetahui pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap konsentrasi belajar siswa kelas V SDN 2 Gesing Kismantoro Wonogiri. (3) Mengetahui pengaruh kecerdasan intrapersonal siswa dan lingkungan belajar di sekolah terhadap konsentrasi belajar siswa kelas V SDN 2 Gesing Kismantoro Wonogiri.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilakukan uji dengan analisis regresi dimana di dalamnya terdapat 3 variabel yang saling mempengaruhi, yaitu variabel kecerdasan intrapersonal siswa dan lingkungan belajar di sekolah sebagai variabel independen dan konsentrasi belajar siswa sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, dimana sampelnya yaitu 22 siswa, dan menggunakan angket sebagai instrumen dalam pengumpulan data ketiga variabel tersebut.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan intrapersonal siswa terhadap konsentrasi belajar siswa kelas V SDN 2 Gesing Kismantoro Wonogiri tahun pelajaran 2019/2020 sebesar 39,9895664%, (2) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar di sekolah terhadap konsentrasi belajar siswa kelas V SDN 2 Gesing Kismantoro Wonogiri tahun pelajaran 2019/2020 sebesar 63,2957% terhadap konsentrasi belajar siswa, (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan intrapersonal siswa dan lingkungan belajar di sekolah terhadap konsentrasi belajar siswa kelas V SDN 2 Gesing Kismantoro Wonogiri tahun pelajaran 2019/2020 sebesar 63,61793646%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 06:38
Last Modified: 18 May 2020 06:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9254

Actions (login required)

View Item View Item