Peran Administratif Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Prima Pendidikan (Studi Kasus di SMKN 2 Ponorogo)

Saharawati, Trisna (2020) Peran Administratif Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Prima Pendidikan (Studi Kasus di SMKN 2 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_211216008_TRISNA SAHARAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Saharawati, Trisna. 2020. Peran Administratif Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Prima Pendidikan (Studi Kasus di SMKN 2 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Muhammad Thoyib, M.Pd.

Kata Kunci : Peran Kepala Sekolah Sebagai Administrator, Layanan Prima

Kepala sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam pengelolaan sebuah lembaga pendidikan di sekolah. Kepala sekolah sebagai pemimpin memiliki tanggung jawab terhadap jalannya sistem pendidikan pada suatu lembaga. Salah satu peran kepala sekolah yang sangat penting adalah sebagai administrator di sekolahnya. Dengan demikian kepala sekolah memiliki tugas dan tanggung jawab dalam mengatur serta mengelola administrasi di lembaga tersebut. Salah satu ruang lingkup dari peran kepala sekolah sebagai administrator yaitu pengelolaan administrasi pada bidang personalia. Pengelolaan administrasi di bidang personalia sangat penting untuk diperhatikan karena salah satu kunci keberhasilan suatu lembaga sekolah dalam mencapai tujuannya terletak pada pengelolaan personalia yang baik sehingga dapat memberikan kualitas pelayanan prima bagi lembaga pendidikan.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana bentuk peran kepala sekolah sebagai administrator dalam meningkatkan kualitas layanan prima pada bidang personalia di SMKN 2 Ponorogo? (2) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas layanan prima pendidikan pada bidang personalia di SMKN 2 ? (3) Bagaimana hasil upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas layanan prima pada bidang personalia di SMKN 2 Ponorogo?.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitataif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data, penulis menggunakan data Reduction (reduksi data), data Display (penyajian data), dan data Conclusion Drawing/ verification (kesimpulan). Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dan sumber.
Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Bentuk peran kepala sekolah sebagai administrator dalam meningkatkan kualitas layanan prima pada bidang personalia di SMKN 2 Ponorogo yaitu kepala sekolah telah perperan dalam berbagai aktivitas dalam pengelolaan administrasi personalia di sekolah. Beberapa bentuk kegiatan yang dilakukan oleh kepala sekolah sebagai administrator seperti turut dalam aktivitas pencatatan, penyusunan program sekolah, pendokumenan program-program sekolah serta dalam mengembangkan kelengkapan data administrasi tenaga pendidik maupun kependidikan. (2) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas layanan prima pada bidang personalia di SMKN 2 Ponorogo telah dilakukan oleh kepala sekolah melalui berbagai upaya seperti memperbaiki kualitas layanan dengan cara memenuhi harapan dan kebutuhan dari pelanggan pendidikan dan menumbuhkan kepercayaan pelanggan pendidikan mengenai kualitas layanan yang diberikan di SMKN 2 Ponorogo. Kepala sekolah juga terus mendorong dan mengarahkan para pegawai untuk terus meningkatkan kinerjanya sehingga dapat memberikan kualitas layanan prima bagi pelanggan pendidikan si sekolah. (3) Hasil upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas layanan prima dapat dikatakan sudah sangat baik. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas layanan tersebut mampu memehuhi harapan dari pelanggan pendidikan dengan mencetak output yang berkualitas. Salah satu bentuk kepuasan palanggan pendidikan dibuktikan dengan animo pendaftaran peserta didik baru yang selalu meningkat pada setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 06:36
Last Modified: 18 May 2020 06:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9251

Actions (login required)

View Item View Item