Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Lingkaran bagi Siswa Kelas VI di MI Ma'arif Polorejo

Saraswati, Lucky (2020) Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Lingkaran bagi Siswa Kelas VI di MI Ma'arif Polorejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
LUCKY SARASWATI_210616175_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Saraswati, Lucky. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Lingkaran bagi Siswa Kelas VI di MI Ma’arif Polorejo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Sofwan Hadi, M.Si.

Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Matematika, Materi Lingkaran
Aktivitas belajar bagi setiap siswa tidak selamanya berjalan dengan baik dan lancar. Adakalanya siswa dapat cepat menangkap apa yang dipelajarinya, dan adakalanya siswa merasa amat sulit memahami apa yang dipelajarinya. Dalam hal semangat, terkadang semangatnya tinggi, tetapi terkadang juga siswa merasa malas dalam belajar. Demikian kenyataan yang sering kita jumpai pada setiap siswa dalam kehidupan sehari-hari dalam kaitannya dengan aktivitas belajar. Setiap siswa tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Perbedaan ini pula yang menyebabkan perbedaan tingkah laku belajar di kalangan siswa. Dalam keadaan dimana siswa tidak dapat belajar sebagaimana mestinya, inilah yang disebut dengan kesulitan belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kesulitan belajar matematika yang dialami siswa kelas VI MI Ma’arif Polorejo pada materi lingkaran, (2) mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas VI MI Ma’arif Polorejo kesulitan belajar matematika pada materi lingkaran.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 27 siswa dari kelas VI.A kemudian dipilih 3 siswa dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan nilai tes, untuk dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman yang dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kesulitan belajar matematika pada siswa kelas VI MI Ma’arif Polorejo pada materi lingkaran adalah (a) kesulitan yang dialami siswa kategori tinggi pada indikator kesalahan fakta adalah siswa mengalami kesulitan dalam menjawab apa yang ditanya pada soal, dan mengakibatkan kesulitan pada indikator kesalahan konsep dimana siswa mengalami kesulitan dalam menyelasaikan soal sesuai dengan apa yang ditanyakan pada soal, kemudian pada indikator kesalahan operasi siswa mengalami kesulitan dalam melakukan operasi perkalian pada bilangan desimal; (b) kesulitan yang dialami siswa kategori sedang pada indikator kesalahan fakta adalah siswa masih mengalami kesulitan dalam menjawab apa yang ditanya pada soal, dan mengakibatkan kesulitan pada indikator kesalahan konsep dimana siswa mengalami kesulitan dalam menyelasaikan soal sesuai dengan apa yang ditanyakan pada soal, kemudian pada indikator kesalahan operasi siswa kesulitan dalam melakukan operasi pembagian pada bilangan bulat dengan bilangan pecahan; (c) kesulitan yang dialami siswa kategori rendah pada indikator kesalahan fakta adalah siswa kesulitan dalam menjawab apa yang diketahui dan apa yang ditanya pada soal, pada indikator kesalahan konsep siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal sesuai dengan apa yang ditanyakan pada soal, pada indikator kesalahan operasi siswa mengalami kesulitan dalam melakukan operasi atau perhitungan yang harus dikerjakan untuk menjawab soal, dan pada indikator kesalahan prinsip siswa mengalami kesulitan dalam mengingat rumus yang harus digunakan dalam menjawab soal, (2) faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas VI MI Ma’arif Polorejo kesulitan belajar matematika pada materi lingkaran, meliputi faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal, faktor internal, dan faktor eksternal, untuk faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal meliputi, kurang memahami materi, tidak memahami maksud soal, dan tidak teliti, faktor internal meliputi, intelegensi, dan minat atau motivasi, faktor eksternalnya adalah kurangnya perhatian dari orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 06:36
Last Modified: 18 May 2020 06:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9247

Actions (login required)

View Item View Item