pengaruh penggunaan media sosial instagram terhadap kecerdasan emosional dan interaksi sosial mahasiswa pendidikan guru madrasah ibtidaiyah semester iv iain ponorogo tahun akademik 2019/2020

Ningrum, Desy Rahma Ayu (2020) pengaruh penggunaan media sosial instagram terhadap kecerdasan emosional dan interaksi sosial mahasiswa pendidikan guru madrasah ibtidaiyah semester iv iain ponorogo tahun akademik 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210616157 DESY RAHMA AYU NINGRUM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ningrum, Desy Rahma Ayu. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Kecerdasan Emosional dan Interaksi Sosial Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Semester IV IAIN Ponorogo Tahun Akademik 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, H. Mukhlison Effendi, M.Ag.
Kata Kunci: Media Sosial Instagram, Kecerdasan Emosional, Interaksi Sosial
Kemajuan zaman di bidang teknologi informasi pada abad ke-21 ini semakin berkembang pesat. Berbagai hal dapat dilakukan dengan mudah karena adanya internet, salah satunya adalah komunikasi. Di Indonesia, kegiatan bersosial media sebenarnya sudah ada sejak lama. Media sosial yang paling banyak digunakan atau paling populer saat ini adalah instagram. Hal seperti ini bukan menjadi hal yang mewah untuk zaman sekarang, khususnya pada mahasiswa IAIN Ponorogo. Karena, hampir semua mahasiswa sudah memiliki telepon seluler dan akun media sosial instagram. Namun tanpa disadari, hal seperti ini sangat mempengaruhi kecerdasan emosional dan kemampuan interaksi sosial pada mahasiswa. Salah satu bentuk kecanduan mahasiswa terhadap media sosial instagram adalah mereka lebih mementingkan dunia maya daripada dunia nyatanya. Lebih parahnya lagi jika sudah asik dengan telepon selulernya dan mengakses media sosial yang ada di tangan, mahasiswa sering tidak menengok kanan kiri atau memperdulikan siapa orang yang ada di sekitarnya. Sehingga aksi tegur sapa, saling bercanda dengan teman menjadi berkurang. Bahkan untuk menyapa orang yang lebih tua saja enggan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh penggunaan media sosial instagram terhadap kecerdasan emosional mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah semester IV IAIN Ponorogo tahun akademik 2019/2020, (2) Mengetahui pengaruh penggunaan media sosial instagram terhadap interaksi sosial mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah semester IV IAIN Ponorogo tahun akademik 2019/2020.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang bersifat noneksperimental. Dalam penelitian ini populasinya sebanyak 230 orang dan menggunakan sampel 30% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 69 orang yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data kuantitatif meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji noemalitas, analisis regresi linier, uji signifikan dan koefisien determinasi. Model persamaan regresi yaitu : ŷ = b0 + b1x.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Tidak ada pengaruh penggunaan media sosial instagram terhadap kecerdasan emosional mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah semester IV IAIN Ponorogo tahun akademik 2019/2020, besar pengaruhnya adalah 0,3%, (2) Ada pengaruh penggunaan media sosial instagram terhadap interaksi sosial mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah semester IV IAIN Ponorogo tahun akademik 2019/2020, besar pengaruhnya adalah 6,8%

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 06:35
Last Modified: 28 May 2020 06:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9241

Actions (login required)

View Item View Item