Tanggung Jawab Guru Terhadap Pendidikan Moral Perspektif Abdullah Nashih ‘Ulwan dalam Kitab “Tarbiyatul Aulad fil Islam” dan Relevansinya dengan Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam

Putri, Fahma Kusuma (2020) Tanggung Jawab Guru Terhadap Pendidikan Moral Perspektif Abdullah Nashih ‘Ulwan dalam Kitab “Tarbiyatul Aulad fil Islam” dan Relevansinya dengan Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
FAHMA KUSUMA PUTRI_210316010.pdf

Download (949kB) | Preview

Abstract

Putri, Fahma Kusuma. 2020. Tanggung Jawab Guru Terhadap Pendidikan Moral Perspektif Abdullah Nashih ‘Ulwan dalam Kitab “Tarbiyatul Aulad fil Islam” dan Relevansinya dengan Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, FATIK, IAIN PONOROGO. Program Sarjana S-1. Pembimbing Ahmad Nu’man Hakiem, M.Ag.

Kata kunci : Pendidikan Moral, Abdullah Nashih ‘Ulwan, Kompetensi Kepribadian Guru PAI.

Penelitian ini menunjukkan bahwa ada relevansi antara tanggung jawab guru terhadap pendidikan moral perspektif Abdullah Nashih ‘Ulwan dalam kitab “Tarbiyatul Aulad fil Islam” dengan kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana konsep tanggung jawab guru terhadap pendidikan moral menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan?, bagaimana relevansi tanggung jawab guru terhadap pendidikan moral dengan kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep tanggung jawab guru terhadap pendidikan moral menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan dan relevansinya dengan kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research), yaitu telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Pada penelitian ini yaitu kitab “Tarbiyatul Aulad fil Islam” karya Abdullah Nashih ‘Ulwan. Data yang digunakan berupa data primer berupa kitab “Tarbiyatul Aulad fil Islam” karya Abdullah Nashih ‘Ulwan jilid II yang diterbitkan di Dar al-salam, Beirut pada tahun 1983. Sedangkan data sekunder berupa terjemahan kitab dan buku-buku Nashih ‘Ulwan yang lainnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tanggung jawab guru terhadap pendidikan moral menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan dalam kitabnya Tarbiyatul Aulad fil Islam dintaranya adalah menghindarkan anak-anak dari perbuatan gemar berbohong, mencuri, mencaci dan mencela, serta menghindarkan mereka dari kenakalan dan penyimpangan. Sedangkan relevansi antara kompetensi kepribadian guru PAI dengan konsep tanggung jawab guru terhadap pendidikan moral menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan dalam kitab Tarbiyatul Aulad fil Islam, yaitu bahwa kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam merupakan wujud konsekuensi yang harus diterima guru sebagai seseoarang yang telah bersedia mengemban amanah pendidikan, diantara kepribadian tersebut adalah zuhud dan ikhlas, bersih lahir dan batin, pemaaf, sabar, dan mampu mengendalikan diri, mempunyai watak kebapakan atau keibuan (dewasa), serta mengenal dan memahami peserta didik dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu'man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 06:32
Last Modified: 18 May 2020 06:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9240

Actions (login required)

View Item View Item