peran keluarga dan sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas vii di smp negeri 1 siman

Ningrum, Imas Tria Levia (2020) peran keluarga dan sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas vii di smp negeri 1 siman. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316412_IMAS TRIA LEVIA NINGRUM.pdf

Download (649kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ningrum, Imas Tria Levia. 2020. Peran Keluarga Dan Sekolah Dalam
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan
Agama Islam Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Siman. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Mukhibat, M.Ag.
Kata Kunci: Pendidikan, orang tua, sekolah
Pendidikan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan keluarga, sekolah dan
masyarakat. Orang tua merupakan penanggung jawab utama dalam pendidikan
anak-anaknya. Dimanapun anak tersebut menjalani pendidikan, baik dilembaga
formal, informal maupun non formal. Pendidikan di luar keluarga, bukan dalam
arti melepaskan tanggung jawab orang tua dalam pendidikan anak, tetapi hal itu
dilakukan orangtua semata-mata karena keterbatasan ilmu yang dimiliki oleh
orang tua, karena sifat ilmu yang terus berkembang mengikuti perkembangan
zaman, sementara orang tua memiliki keterbatasan-keterbatasan. Pada observasi
awal terlihat pihak sekolah SMP Negeri 1 Siman memberikan beberapa
pembinaan terhadap para siswa untuk memberikan efek jera terhadap siswa yang
melanggar peraturan sekaligus memberikan pembelajaran terhadap siswa yang
lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran keluarga dan sekolah
dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama
Islam kelas VII di SMP Negeri 1 Siman.
Penelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif serta dilaksanakan di
SMP Negeri 1 Siman. Model analisis data pada penelitian ini adalah Miler dan
Huberman. Analisis data pada penelitian ini bersifat kualitatif berlandasan pada
penggunaan keterangan secara lengkap dan mendalam dalam
menginterprestasikan data tentang variabel, bersifat non-kuantitatif dan
dimaksudkan untuk melakukan eksplorasi mendalam dan tidak meluas terhadap
fenomena. Metode yang digunakan yaitu dengan metode wawancara, observasi
dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) peran keluarga dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah sangatlah besar. Orang tua yang
selalu memberikan perhatian pada anaknya, terutama perhatian pada kegiatan
belajar anak di rumah, membuat anak akan lebih giat dan lebih bersemangat
dalam belajar. Karena ia tahu bahwa bukan dirinya sendiri saja yang berkeinginan
untuk maju, akan tetapi orang tuanya juga memiliki keinginan yang sama.
Sehingga hasil belajar atau prestasi belajar yang di raih oleh siswa menjadi lebih
baik. (2) Peran sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa diantaranya
adalah sekolah memberikan pengajaran yang mendidik kepada siswa,
meningkatkan dan memantapkan program bimbingan dan penyuluhan di sekolah,
mengembangan perpustakaan sekolah, Meningkatkan program pengelolaan
sekolah khususnya yang terkait dengan peserta didik, agar peserta didik dapat
meningkatkan prestasinya baik dalam bidang akademik maupun non akademik.
Selain itu sekolah juga menekankan pada sikap spiritual dan akhlak peserta didik.
Karena sekolah beranggapan bahwa pandai dalam hal ilmu akademik saja tidak
cukup kalau tidak diimbangi dengan pandai dalam ilmu agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 06:28
Last Modified: 18 May 2020 06:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9232

Actions (login required)

View Item View Item