Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Pensiunan pada Bank Syariah Mandiri KCP Trenggalek

Winarsih, Winarsih (2020) Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Pensiunan pada Bank Syariah Mandiri KCP Trenggalek. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-WINARSIH-WTR.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Winarsih, 2020. “Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Pensiunan pada Bank Syariah Mandiri KCP Trenggalek.” Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Unun Roudlotul Janah, M. Ag
Kata Kunci: marketing mix, promosi, analisis pesaing,
Bank Syariah Mandiri KCP Trenggalek merupakan salah satu lembaga perbankan syariah yang menawarkan produk pembiayaan pensiunan. Pembiayaan pensiunan adalah layanan pembiayaan konsumer yang ditujukan kepada para pensiunan. Pembiayaan pensiunan memiliki tingkat resiko yang cukup kecil sehingga produk tersebut patut untuk diutamakan. Meski demikian, persaingan yang cukup ketat menjadi tantangan tersendiri bagi Bank Syariah Mandiri KCP Trenggalek untuk memasarkan produk pembiayaan pensiunan lebih luas lagi.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana analisis strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah produk pembiayaan pensiunan pada Bank Syariah Mandiri KCP Trenggalek? dan Bagaimana analisis strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan produk pembiayaan pensiunan pada Bank Syariah Mandiri KCP Trenggalek?. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan metode induktif yaitu metode yang menekankan pada pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah produk pembiayaan pensiunan Bank Syariah Mandiri KCP Trenggalek menerapkan strategi bauran pemasaran 4P (product, price, place, promotion). Dalam praktiknya Bank Syariah Mandiri KCP Trenggalek lebih menekankan kepada strategi promosi dengan memaksimalkan kegiatan promosi. Selain itu, strategi produk dengan memaksimalkan pelayanan pada nasabah pensiunan. Akan tetapi dalam strategi tempat Bank Syariah Mandiri KCP Trenggalek masih perlu mengadakan perbaikan. Strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan produk pembiayaan pensiuanan pada Bank Syariah Mandiri KCP Trenggalek menggunakan strategi penyerangan khusus. Salah satunya melakukan strategi distribusi yang unik dengan menanamkan rasa memiliki Bank Syariah Mandiri KCP Trenggalek terhadap nasabah dan merekrut nasabah menjadi agen. Hal ini dapat menimbulkan perluasan distribusi dengan baik. Adapun dampak positif lain adalah bank mendapatkan informasi terkait pesaing dari nasabah maupun nasabah agen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 03:59
Last Modified: 18 May 2020 03:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9231

Actions (login required)

View Item View Item