Implementasi program tahfidzul Qur'an dalam meningkatkan akhlak peserta didik di MI Ma'arif Cekok Babadan Ponorogo

Kholifah, Risma Binti (2020) Implementasi program tahfidzul Qur'an dalam meningkatkan akhlak peserta didik di MI Ma'arif Cekok Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RISMA BINTI KHOLIFAH_210616197.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program tahfidzul Qur’an dilaksanakan setiap hari setelah sholat dzuha berjama’ah. Guru tahfidzul Qur’an adalah hafidz dan hafidzah dari Pondok Pesantren Al-Hasan yang unggul dalam tahfidzul Qur’an. Kegiatan tahfidzul Qur’an dilaksanakan dengan begitu antusias dan tertib lain halnya dengan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, peserta didik berperilaku kurang baik. Dengan demikian program tahfidzul Qur’an dijadikan salah satu program untuk memperbaiki perilaku peserta didik dan dijauhkan dari sifat sombong.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) implementasi program tahfidzul Qur’an di MI Ma’arif Cekok, (2) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan program tahfidzul Qur’an di MI Ma’arif Cekok, (3) hasil capaian setelah pelaksanaan program tahfidzul Qur’an di MI Ma’arif Cekok.
Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Objek dari penelitian ini adalah guru tahfidzul Qur’an dan kepala sekolah MI Ma’arif Cekok, kemudian subjeknya adalah peserta didik.
Temuan dalam penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan, diawali dengan do’a, kemudian drilling atau takrir yaitu mengulang kembali hafalan yang sudah dihafalkan di hari sebelumnya. Setelah itu dilanjutkan dengan sima’i yaitu mendengarkan ayat yang akan dihafalkan, kemudian metode selanjutnya adalah bin-nadzar yaitu membaca dengan cermat ayat-ayat Al-Qur’an yang sudah dibacakan oleh guru secara bersama-sama dan berulang-ulang. Setelah bacaannya sudah benar kemudian peserta didik menghafal ayat Al-Qur’an yang sudah dibaca secara berulang-ulang. Tahap terakhir adalah talaqqi yaitu menyetorkan hafalan kepada guru kemudian ditutup dengan do’a. (2) faktor pendukung dalam pelaksanaan program tahfidzul Qur’an di MI Ma’arif Cekok diantaranya: Adanya dukungan guru, kepala sekolah, dan juga wali murid, semangat peserta didik, adanya absensi , adanya buku raport. Faktor penghambat dalam pelaksanaan program tahfidzul Qur’an diantaranya; kurangnya waktu dan beberapa peserta didik tidak mau mengulang hafalan dirumah. (3) Hasil capaian setelah dilaksanakannya program tahfidz Al-Qur’an di MI Ma’arif Cekok adalah adanya perubahan akhlak peserta didik menjadi lebih baik dan juga peningkatan hafalan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 06:27
Last Modified: 02 Jun 2020 06:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9228

Actions (login required)

View Item View Item