pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan alat peraga sederhana ramah lingkungan terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa mata pelajaran ipa kelas viii smp negeri 1 siman

nuha, izza uliy (2020) pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan alat peraga sederhana ramah lingkungan terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa mata pelajaran ipa kelas viii smp negeri 1 siman. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nuha, Izza Uliy. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Sederhana Ramah Lingkungan Terhadap Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMPN 1 Siman, Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Faninda Novika Pertiwi, M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Ilmiah
Salah satu permasalahan yang masih muncul dalam pembelajaran IPA yaitu kurangnya kemampuan berpikir ilmiah siswa terutama pada aspek mengkomunikasikan dan aspek menyimpulkan pembelajaran, masalah ini dapat dibuktikan dengan adanya tes kemampuan berpikir ilmiah yang telah dilakukan di kelas VIII A salah satu SMP Negeri di Ponorogo yang menghasilkan bahwa aspek kemampuan berpikir ilmiah yang terdiri dari mengamati, menggolongkan, mengkomunikasikan dan menyimpulkan masih dikategorikan kurang baik dengan nilai rata-rata 59,8 dimana hasil tersebut masuk dalam kategori sangat kurang karena masih jauh dibawah KKM yang telah ditentukan oleh pihak sekolah yaitu >75, hasil analisis kemampuan berpikir ilmiah menunjukan kegiatan siswa yang meliputi 4 indikator yaitu: kegiatan mengamati dengan perolehan rata-rata 85, menggolongkan dengan perolehan rata-rata 87, mengkomunikasikan dengan perolehan rata-rata 58, dan menyimpulkan dengan perolehan rata-rata 54. Hal itu didukung dengan adanya wawancara dengan siswa yang menyebutkan bahwa siswa sering ikut-ikutan atau mencontek pekerjaan teman dalam mengerjakan soal dalam kerja kelompok. Pernyataaan tersebut dapat diartikan bahwa kurang adanya kerja sama kelompok dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi. Karena itulah penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan alat peraga sederhana ramah lingkungan terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa mata pelajaran IPA.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran model pembelajaran discovery learning berbantuan alat peraga sederhana ramah lingkungan mata pelajaran IPA kelas VIII SMPN 1 Siman. Untuk mengetahui aktivitas siswa yang mengalami pembelajaran discovery learning berbantuan alat peraga sederhana ramah lingkungan daripada siswa yang mengalami pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir ilmiah mata pelajaran IPA kelas VIII SPMN 1 Siman. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan alat peraga sederhana ramah lingkungan terhadap kemampuan berpikir ilmiah mata pelajaran IPA siswa kelas VIII SMPN 1 Siman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis. Teknik analisis data menggunakan uji-t yang sebelumnya telah diuji prasyarat (homogenitas dan normalitas). Populasi penelitian yaitu siswa kelas VIII SMPN 1 Siman, sampel penelitian yaitu kelas VIII A dan VIII D, teknik sampling penelitian yaitu menggunakan simple random sampling.
Hasil penelitian ditemukan bahwa: t_(hitung )= 10.407 > t table = 2.069 sehingga H_(1 )diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan alat peraga sederhana ramah lingkungan terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa mata pelajaran IPA siswa kelas VIII SMPN 1 Siman.
Model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah siswa pada pelajaran IPA sekaligus dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang bersifat menemukan konsep melalui penemuan secara langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: faninda novika pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 06:25
Last Modified: 19 May 2020 02:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9222

Actions (login required)

View Item View Item