Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Ekosistem Melalui Metode PQRST Bagi Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Ploso 1 Tegalombo Pacitan Tahun Pelajaran 2019/2020

Putri, Diah Ayu Eka (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Ekosistem Melalui Metode PQRST Bagi Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Ploso 1 Tegalombo Pacitan Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210616152_DIAH AYU EKA PUTRI...pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Putri, Diah Ayu Eka. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Ekosistem Melalui Metode PQRST Bagi Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Ploso 1 Tegalombo Pacitan Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Hanin Niswatul Fauziah, M.Si.

Kata kunci: Hasil Belajar, IPA, PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, dan Test).

Pembelajaran di MI Muhammadiyah Ploso 1 Tegalombo Pacitan selama ini masih menggunakan metode konvensional dan media seadanya. Akibatnya siswa kurang semangat belajar dan sulit konsentrasi. Dibuktikan dengan hasil tes hanya 37,5% siswa yang mencapai nilai tuntas KKM.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA pokok bahasan ekosistem menggunakan metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, dan Test) bagi siswa kelas V MI Muhammadiyah Ploso 1 Tegalombo Pacitan Tahun Pelajaran 2019/2020.
Metode belajar yang digunakan yaitu metode pembelajaran PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, dan Test). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap pertemuan 2 jam pelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran PQRST dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian tes hasil belajar pada siklus I sebesar 68,75% siswa mencapai nilai KKM dan meningkat pada siklua II sebesar 87,5% siswa mencapai nilai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran PQRST dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Ploso 1 Tegalombo Pacitan Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanin Niswatul Fauziah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 06:21
Last Modified: 02 Jun 2020 06:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9217

Actions (login required)

View Item View Item