Mukholifah, Alfiah Ratna (2020) upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar ipa kelas vi sdn 02 tonatan ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
SKRIPSI_ALFIAH RATNA M_210616153.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Mukholifah, Alfiah Ratna. 2020. Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan
Belajar IPA Kelas VI SDN 02 Tonatan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Hanin Niswatul Fauziah, M.Si.
Kata Kunci : Belajar, Guru, IPA, Kesulitan, Upaya
Dalam dunia pendidikan tidak terlepas dari adanya hambatan yang dialami oleh guru maupun siswanya. Hambatan tersebut banyak terjadi dalam proses pembelajaran di kelas yang menjadikan siswa mengalami kesulitan dalam belajarnya. Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor tersebut terdiri dari faktor internal dan ekternal. Oleh karena itu, guru berupaya mengidentifikasi terkait permasalahan yang mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa kelas VI dalam belajar IPA dan menjelaskan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar IPA siswa kelas VI SDN 02 Tonatan Ponorogo. Penelitian ini menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi sebagai instrumen dalam pengumpulan data.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik kelas VI adalah kesulitan dalam memahami materi IPA dan mengerjakan soal-soal IPA. Strategi yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar IPA antara lain mengadakan bimbingan belajar di sekolah dan di rumah, memberikan motivasi kepada siswa untuk meningkatkan minat belajarnya, menyisipkan cerita yang menarik disela-sela pembelajaran IPA, memberikan tugas atau pekerjaan rumah kepada siswa, melarang siswa membawa HP ke sekolah, mengadakan konseling pribadi, menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua dan mengelompokkan materi IPA terlebih dahulu sebelum dijelaskan kepada siswa agar mereka bisa memahami materi dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | hain niswatul fauziah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 18 May 2020 06:19 |
Last Modified: | 28 May 2020 06:47 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9215 |
Actions (login required)
View Item |