Implementasi Teknik Menggambar Arsir Sebagai Upaya Mengembangkan Kreativitas Siswa-siswi SDN Kutuwetan Jetis Ponorogo

Asrofi, Imam (2020) Implementasi Teknik Menggambar Arsir Sebagai Upaya Mengembangkan Kreativitas Siswa-siswi SDN Kutuwetan Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Imam Asrofi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Asrofi, Imam. 2020. Implementasi Teknik Menggambar “Arsir” Sebagai Upaya Mengembangkan Kreativitas Siswa-Siswi SDN Kutuwetan Jetis Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Pryla Rochmawati, M.Pd
Kata Kunci: Menggambar, Teknik Arsir, Kreativitas
Penelitian ini dilatar belakangi oleh upaya guru menggambar dalam mengimplementasikan teknik menggambar arsir kepada siswa SDN Kutuwetan karena untuk mengembangkan kreativitas siswa yang masih rendah. Kreativitas erat hubungannya dengan aktivitas berkesenian termasuk kreativitas seni rupa yang diwujudkan ke dalam aktivitas menggambar. Bagi usia anak SD menggambar merupakan sarana yang tepat dan sesuai dalam rangka mengaktualisasikan, mengeskpresikan diri, dan membantu anak untuk mengembangkan serta meningkatkan imajinasi dan kreativitasnya.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui proses pelaksanaan kegiatan menggambar dengan teknik arsir di SDN Kutuwetan Jetis Ponorogo sebagai upaya mengembangkan kreativitas siswa, (2) mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan kegiatan menggambar dengan teknik arsir terhadap perkembangan kreativitas siswa-siswi di SDN Kutuwetan Jetis Ponorogo, (3) mengetahui dampak pelaksanaan kegiatan menggambar dengan teknik arsir terhadap perkembangan kreativitas siswa.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif berjenis studi kasus. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisa data menggunakan analisis Miles Huberman dengan urutan langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) proses pelaksanaan teknik menggambar arsir di SDN Kutuwetan Jetis Ponorogo dilaksanakan setiap hari kamis selama 4 jam pelajaran yang dalam pelaksanaannya guru memberikan teori terkait menggambar arsir kemudian dicontohkan step by step untuk ditirukan siswa sehingga guru menggambar berperan sebagai fasilitator, inovator dan motivator, (2) faktor penghambat dalam pelaksanaan teknik menggambar arsir meliputi penurunan konsentrasi siswa, daya fokus siswa, peralatan menggambar siswa yang tidak lengkap, serta materi menggambar yang kurang dipahami siswa sedangkan faktor pendukung dalam pelaksanaan teknik menggambar arsir ini meliputi sarana dan prasarana yang mumpuni, antusiasme siswa, kerjasama antar siswa, serta ketelatenan guru dalam membimbing siswa, (3) dampak dari pelaksanaan teknik menggambar arsir yaitu kreativitas siswa menjadi meningkat, siswa juga semakin memperhatikan keindahan kelas, dan beberapa siswa mampu menjuarai lomba menggambar di tingkat kecamatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Pryla Rochmawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 06:18
Last Modified: 18 May 2020 06:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9213

Actions (login required)

View Item View Item