Etnopedagogi di Sekolah Dasar (Studi Etnografi dalam Pembelajaran Tematik di MI ma'arif Setono Jenangan Ponorogo)

Nursima, Indira (2020) Etnopedagogi di Sekolah Dasar (Studi Etnografi dalam Pembelajaran Tematik di MI ma'arif Setono Jenangan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI INDIRA NURSIMA 210616186.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nursima, Indira 2020. Etnopedagogi di Sekolah Dasar (Studi Etnografi dalam Pembelajaran Tematik di MI Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo). Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Moch. Miftachul Choiri, M.A
Kata Kunci: Etnopedagogi, Pembelajaran Tematik
Etnopedagogi adalah praktik pendidikan yang berbasis kearifan lokal. Pendidikan yang berorietasi etnopodegogi sangat penting diterapkan dalam dunia pendidikan. karena Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai macam keberagaman, selain itu globalisasi dan perkembangan teknologi dapat mengakibatkan perubahan budaya serta menggeser kebudayan yang telah ada di Indonesia yang seharusnya dilestarikan. MI Ma’arif Setono adalah salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan pembelajaran beorientasi etnopedagogi. Etnopedagogi di MI Ma’arif Setono diterapkan melalui pembelajaran tematik. Akhirnya penulis inin meneliti pelaksanaan etnopedagogi dalam pembelajaran tematik.
Tujuan dari Penelitian ini yaitu: (1) Untuk menjelaskan bagaimana pelaksanaan etnopedagogi dalam pembelajaran tematik di MI Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo, (2) Untuk menganalisis dampak pelaksanaan etnopedagogi terhadap hasil belajar tematik di MI Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi etnografi. Pengumpulan data diambil dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponen, dan analisis tema budaya.
Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa: (1) pelaksanaan etnopedagogi dalam pembelajaran tematik di MI Ma’arif Setono dilaksanakan dengan menyesuaikan tema dan materi masing-masing, sumber materi berasal dari buku kemudian dikembangkan dengan cara memasukkan konten-konten kearifan lokal dalam kegiatan belajar mengajar, ragam kearifan lokal berupa nilai dan norma, kepercayaan, seni budaya, hasil alam/kekayaanalam, dan sumber daya alam dapat dimasukkan dalam pembelajaran tematik, (2) etnopedagogi dalam pembelajaran tematik memberikan dampak yang positif bagi hasil belajar tematik peserta didik, rata-rata dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 mendapatkan nilai tuntas atau diatas KKM, selain itu pelaksanaan etnopedagogi juga berdamapk postif terhadap sikap siswa, diantaranya Memperbaiki budi pekerti siswa, meningkatkan sikap nasionalisme atau cinta tanah air, siswa terdorong untuk melestarikan budaya lokal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 06:04
Last Modified: 28 May 2020 06:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9194

Actions (login required)

View Item View Item