Pengaruh Keaktifan dalam Ekstrakurikuler Kepramukaan terhadap Sikap Kepemimpinan pada Siswa Kelas V MI Ma'arif Gandu Mlarak Ponorogo Tahun Akademik 2019/2020

Karisma, Kholiifatul (2020) Pengaruh Keaktifan dalam Ekstrakurikuler Kepramukaan terhadap Sikap Kepemimpinan pada Siswa Kelas V MI Ma'arif Gandu Mlarak Ponorogo Tahun Akademik 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Kholiifatul_Karisma_210616183.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Karisma, Kholiifatul. 2020. Pengaruh Keaktifan dalam Ekstrakurikuler Kepramukaan terhadap Sikap Kepemimpinan pada Siswa Kelas V MI Ma’arif Gandu Mlarak Ponorogo Tahun Akademik 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Kurnia Hidayati, M. Pd.

Kata Kunci:
Keaktifan, Ekstrakurikuler, Kepramukaan, Sikap, Kepemim-pinan

Pendidikan merupakan proses pematangan kualitas hidup manusia. Melalui proses tersebut diharapkan manusia mampu memahami arti, hakikat, tujuan, dan cara menjalankan kehidupan dengan baik dan benar. Manusia di bumi pada hakikatnya adalah seorang pemimpin, baik pemimpin untuk dirinya sendiri ataupun orang lain. Berdasarkan hasil observasi di MI Ma’arif Gandu Mlarak Ponorogo ditemukan beberapa masalah terkait sikap kepemimpinan siswa, di antaranya yaitu masih ditemukannya siswa yang kurang percaya diri saat ditunjuk menjadi ketua, belum adanya sikap untuk saling memengaruhi antara siswa yang satu dengan yang lain, serta beberapa siswa belum mampu menjadi contoh yang baik untuk temannya. Dalam Kurikulum 2013 Pemerintah telah menetapkan kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib di tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan tersebut sikap kepemimpinan pada siswa akan terbentuk.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui tingkat keaktifan siswa kelas V dalam mengikuti ekstrakurikuler kepramukaan di MI Ma’arif Gandu Mlarak Ponorogo tahun akademik 2019/2020, (2) mengetahui sikap kepemimpinan siswa kelas V MI Ma’arif Gandu Mlarak Ponorogo tahun akademik 2019/2020, dan (3) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh keaktifan dalam ekstrakurikuler kepramukaan terhadap sikap kepemimpinan siswa kelas V MI Ma’arif Gandu Mlarak Ponorogo tahun akademik 2019/2020.
Dalam mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ekspos fakto, dan pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh dengan jumlah sebanyak 31 siswa.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) keaktifan siswa kelas V MI Ma’arif Gandu Mlarak Ponorogo tahun akademik 2019/2020 adalah sedang dengan prosentase sebesar 84% yang dinyatakan oleh 26 siswa (2) sikap kepemimpinan siswa kelas V MI Ma’arif Gandu Mlarak Ponorogo tahun akademik 2019/2020 adalah sedang dengan prosentase 74% yang dinyatakan oleh 23 siswa. (3) keaktifan dalam ekstrakurikuler kepramukaan berpengaruh sebesar 81,4% terhadap sikap kepemimpinan siswa kelas V MI Ma’arif Gandu Mlarak Ponorogo tahun akademik 2019/2020, dengan Fhitung sebesar 127,228 dan Ftabel sebesar 4,18 pada taraf signifikansi 5% dan sisanya 18,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 06:03
Last Modified: 18 May 2020 06:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9193

Actions (login required)

View Item View Item