Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MIN 3 Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020

Sari, Enndah Nofitha (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MIN 3 Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ETHESES_ENNDAH NOFITHA SARI_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Enndah Nofitha Sari. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MIN 3 Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Edi Irawan, M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran TGT, Motivasi belajar, dan Hasil Belajar
Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil belajar Matematika siswa disebabkan oleh banyak hal, diantaranya adalah metode pembelajaran yang dipilih guru kurang tepat, kurangnya guru dalam memotivasi siswa, media pembelajaran yang kurang efektif, dan juga karena model pembelajaran yang masih bersifat konvensional sehingga siswa tidak banyak terlibat dalam proses pembelajaran. Di MIN 3 Ponorogo, guru mata pelajaran Matematika banyak yang menyajikan materi hanya melalui ceramah sehingga siswa mudah lupa dengan materi yang sebelumnya. Berdasarkan latar belakang tersebut dapat dikatakan bahwa faktor utama yang menyebabkan rendahnya hasil belajar Matematika karena kekurangtepatan guru dalam memilih model pembelajaran dan kekurangtepatan guru dalam memotivasi siswa.
Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) menjelaskan apakah hasil belajar Matematika siswa kelas IV yang menggunakan model Teams Games Tournament lebih baik daripada yang menggunakan model konvensional di MIN 3 Ponorogo tahun ajaran 2019/2020, (2) menjelaskan adakah pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV di MIN 3 Ponorogo tahun ajaran 2019/2020, (3) menjelaskan adakah interaksi antara model pembelajaran Teams Games Tournament dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV di MIN 3 Ponorogo tahun ajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah Eksperimen Semu dengan desain Two-Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis Two Way ANOVA. Penelitian ini dilakukan di MIN 3 Ponorogo dengan sampel penelitian adalah kelas IV yang berjumlah 40 siswa yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) hasil belajar Matematika siswa yang menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) lebih baik dari pada yang menggunakan pembelajaran model konvensional diketahui bahwa nilai P-Value 0,000 < 0,05. (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar diketahui bahwa nilai P-Value variabel 0,000 < 0,05. (3) diketahui bahwa nilai P-Value variabel 0,018 < 0,05, artinya terdapat interaksi antara model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Edi Irawan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 06:01
Last Modified: 28 May 2020 06:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9192

Actions (login required)

View Item View Item