Implementasi Strategi Reading Aloud Dan Pemberian Reward Untuk Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Bahasa Jawa

Septiyaningrum, Virda (2020) Implementasi Strategi Reading Aloud Dan Pemberian Reward Untuk Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Bahasa Jawa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_VIRDA AYU SEPTIYANINGRUM_210616227.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Septiyaningrum, Virda Ayu. 2020. Implementasi Strategi Reading Aloud dan Pemberian Reward untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Bahasa Jawa (PTK di Kelas II A MI Ma’arif Sabilul Muttaqin Nambak, Bungkal, Ponorogo Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020). Skripsi. Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, M.Fathurrahman, M.Pd.I
Kata Kunci: Reading Aloud, Reward, Proses Belajar, dan Hasil Belajar
Pembelajaran Bahasa Jawa pada kelas II A MIS Ma’arif Sabilul Muttaqin, Nambak, Bungkal, Ponorogo mengalami permasalahan pada materi Widyaswara. Hal tersebut terlihat dari yang disampaikan oleh guru kelas II A MIS Ma’arif Sabilul Muttaqin, yang mengungkapkan bahwa pada materi tersebut masih banyak siswa yang kurang minat dengan pembelajaran Bahasa Jawa, salah dalam membaca dan masih banyak yang belum mampu memahami materi dengan baik. Hal ini diperkuat dengan adanya kegiatan pratindakan yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan hasil yang belum maksimal. Dari 21 siswa kelas II A MIS Ma’arif Sabilul Muttaqin, hanya 10 siswa yang nilainya tuntas KKM. Salah satu solusi yang ditawarkan untuk perbaikan atas permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran Reading Aloud dan pemberian Reward
Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran Reading Aloud dan pemberian Reward sebagai upaya dalam meningkatkan proses belajar siswa yang terdiri dari partisipasi dan kemampuan membaca siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa.
Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dikembangkan oleh Kemmis & Taggart dan akan dilaksanakan sampai III Siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas II A MIS Ma’arif Sabilul Muttaqin yang berjumlah 21 siswa. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Reading Aloud oleh guru pada siklus I mencapai 76,47%. Pada siklus II keberhasilan mencapai 88,23% dan siklus III mencapai 94,11%. Pada partisipasi siswa siklus I mencapai 77,78%, pada siklus II meningkat menjadi 94,44%, dan siklus III yaitu 97,22%. Pada kemampuan membaca siswa siklus I mencapai 80,95%, pada siklus II meningkat menjadi 93,65% dan siklus III yaitu 95,23%. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan prosentase ketuntasan kelas mencapai 61,90% pada siklus II mencapai 85,71%, dan pada siklus III yaitu 95,23%. Hasil tersebut meningkat dibandingkan dengan hasil saat pratindakan yang ketuntasan siswa hanya mencapai 47,61%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 05:58
Last Modified: 28 May 2020 06:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9188

Actions (login required)

View Item View Item