Literasi Berbahasa Jawa Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Siswa di SD Negeri 2 Sumoroto Ponorogo

Maharani, Gusti (2020) Literasi Berbahasa Jawa Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Siswa di SD Negeri 2 Sumoroto Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210616148_GUSTI MAHARANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Maharani, Gusti. 2020. Literasi Berbahasa Jawa dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Siswa di SD Negeri 2 Sumoroto Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing, Syaiful Arif M.Pd.

Kata Kunci: Literasi, Bahasa Jawa, Kemampuan Berbicara
Pemakaian bahasa daerah dalam kehidupan masyarakat kini semakin berkurang. Terutama dalam hal berbicara bahasa Jawa seperti berbicara dengan orang yang lebih tua menggunakan bahasa Jawa krama inggil. Kenyataanya masih banyak sebagian orang ketika berbicara dengan orang yang lebih tua menggunakan bahasa Jawa ngoko. Sekolah sebagai wadah dimana memiliki peran penting dalam membimbing cara berbicara bahasa Jawa dengan benar. Upaya yang dilakukan sekolah yaitu melalui progam literasi berbahasa Jawa. Adanya kegiatan ini, maka akan dapat membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Jawa pada siswa. Literasi menjadi sarana bagi siswa untuk mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan literasi berbahasa Jawa siswa, (2) mendeskripsikan kemampuan berbicara bahasa Jawa siswa, (3) mendeskripsikan dampak literasi terhadap kemampuan berbicara bahasa Jawa siswa.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Objek yang diteliti adalah siswa SD Negeri 2 Sumoroto Ponorogo berfokus pada kelas 4 dan 5. Penelitian ini, menggunakan metode dalam proses pengumpulan data, yakni metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunujukkan bahwa: 1) Pelaksanaan literasi di SD Negeri 2 Sumoroto Ponorogo dilaksanakan secara rutin dengan diberikan waktu 15 menit untuk membaca buku di kelas. Sedangkan pelaksanakan literasi berbahasa Jawa dilaksanakan pada hari Sabtu. 2) Kemampuan berbicara bahasa Jawa di SD Negeri 2 Sumoroto Ponorogo memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Hanya 25% yang sudah mampu berbicara bahasa Jawa sesuai dengan kaidahnya, sedangkan sisanya masih menggunakan bahasa campuran. 3) Dampak dari literasi terhadap kemampuan berbicara bahasa Jawa siswa di SD Negeri 2 Sumoroto Ponorogo ialah berdampak baik dan positif. Dengan adanya pelaksanaan literasi membuat siswa selalu ada peningkatan dalam mengembangkan kemampuan berbicara bahasa Jawa, meskipun sedikit tetapi selalu ada peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 05:49
Last Modified: 28 May 2020 06:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9181

Actions (login required)

View Item View Item