Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Puzzle terhadap Keterampilan Kerjasama Siswa pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV MIN 3 Ponorogo Tahun 2019/2020

Yuliawati, Erni (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Puzzle terhadap Keterampilan Kerjasama Siswa pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV MIN 3 Ponorogo Tahun 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210616141_ERNI YULIAWATI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Yuliawati, Erni. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Puzzle terhadap Keterampilan Kerjasama Siswa pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV MIN 3 Ponorogo Tahun 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Wirawan Fadly, M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran CRH berbantuan Media puzzle, Keterampilan kerjasama.

Kerjasama merupakan faktor utama untuk mendukung pembelajaran kolaboratif sesuai dengan abad 21. Keterampilan kerjasama siswa perlu dikembangkan agar mampu berkompetisi dan berkontribusi pada masyarakat global di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan keterlaksanan proses pembelajaran menggunakan model CRH berbantuan puzzle, (2) menjelaskan pengaruh keterampilan kerjasama siswa yang menggunakan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media puzzle pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV MIN 3 Ponorogo Tahun 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah ekpserimen semu dengan rancangan Two Group Pretest Postest Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas ekpserimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi berbentuk ceklis dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif, kualitatif, dan statistik inferensial menggunakan uji t. Keterlaksanaan proses pembelajaran berjalan lancar sesuai sintak CRH dengan perolehan rata-rata sebesar 3,3 yang berkategori baik. Model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media puzzle memiliki pengaruh dalam meningkatkan keterampilan kerjasama yang dapat diketahui dari hasil analisis uji independent sampel t-Test diperoleh sig sebesar 0,000 < 0,05 dan dilanjut dengan uji -test one tailed diperoleh t-hitung sebesar -6,064 < t-tabel sebesar -1,684. Keefektifan model tersebut dapat diketahui melalui perolehan N-Gain klasikal sebesar 62% dengan pencapaian indikator tertinggi pada keterampilan kelompok kecil & interpersonal. Model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media puzzle efektif karena membantu guru dalam menciptakan pembelajaran aktif, bermakna, dan menyenangkan yang kemudian akan melatih peserta didik terampil bekerjasama di dalam tim.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 05:48
Last Modified: 27 May 2020 05:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9180

Actions (login required)

View Item View Item