Pengaruh Model PjBL (Project Based Learning) Berwawasan Lingkungan Terhadap Keterampilan Observasi Peserta Didik Kelas VII Reguler Pada Tema Pencemaran Lingkungan Di SMPN 1 Jenangan Ponorogo

Rahmawati, Nadia Aulia (2020) Pengaruh Model PjBL (Project Based Learning) Berwawasan Lingkungan Terhadap Keterampilan Observasi Peserta Didik Kelas VII Reguler Pada Tema Pencemaran Lingkungan Di SMPN 1 Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211316033-NADIA AULIA RAHMAWATI-SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rahmawati, Nadia Aulia. 2020. Pengaruh Model PjBL (Project Based Learning) Berwawasan Lingkungan Terhadap Keterampilan Observasi Peserta Didik Kelas VII Reguler Pada Tema Pencemaran Lingkungan Di SMPN 1 Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Hanin Niswatul Fauziah, M.Si.
Kata Kunci : Keterampilan Observasi, PjBL (Project Based Learning), Wawasan Lingkungan, IPA, Pencemaran Lingkungan
Model pembelajaran yang digunakan di SMPN 1 Jenangan kelas VII reguler mata pelajaran IPA masih menggunkan model pembelajaran yang kurang bervariasi. Hal demikian menjadi penyebab kualitas belajar dan keterampilan mengobservasi peserta didik rendah, sehingga hasil belajar menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon dan mengetahui adakah perbedaan dari penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) berwawasan lingkungan terhadap keterampilan observasi peserta didik kelas VII reguler pada mata pelajaran IPA di SMPN 1 Jenangan. Metode pada penelitian ini yaitu kuantitaif dengan desain metode penelitian Eksperimental. Metode pengumpulan data melalui tes dan kuisioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif dan analisis statistik menggunakan uji t two-tailed dan uji t one-tailed yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Sampel penelitian ini adalah kelas VII C dan kelas VII D. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa P-Value sebesar 0,000, artinya kurang dari 0,050, maka Ho di tolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan observasi peserta didik yang menggunakan model PjBL (Project Based Learning) (eksperimen) dengan keterampilan observasi peserta didik yang menggunakan model PBL (Problem Based Learning) (kontrol) pada mata pelajaran IPA kelas VII Reguler di SMPN 1 Jenangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanin Niswatul Fauziah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 05:45
Last Modified: 18 May 2020 05:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9175

Actions (login required)

View Item View Item