Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Tangga Pintar dan Ular Tangga Pintar pada Penjumlahan dan Pengurangan terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 pada Pembelajaran Matematika di MI Ma’arif Polorejo Tahun Pelajaran 2019/2020.

Rahmawati, Amalia Yunia (2020) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Tangga Pintar dan Ular Tangga Pintar pada Penjumlahan dan Pengurangan terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 pada Pembelajaran Matematika di MI Ma’arif Polorejo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
THESIS SKRIPSI AMALIA YUNIA RAHMAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rahmawati, Amalia Yunia. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Tangga Pintar dan Ular Tangga Pintar pada Penjumlahan dan Pengurangan terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 pada Pembelajaran Matematika di MI Ma’arif Polorejo Tahun Pelajaran 2019/2020 Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Sofwan Hadi, M.Si.
Kata Kunci : media pembelajaran tangga pintar, media pembelajaran ular tangga pintar, dan motivasi belajar
Motivasi merupakan sesuatu yang dapat memberikan dorongan kepada seseorang untuk melakukan suatu kegiatan guna mencapai suatu tujuan. Mengingat pentingnya motivasi belajar dalam mengatasi kesulitan peserta didik, dari hasil pengamatan peneliti pada tanggal 25 Febuari 2020 di MI Ma’arif Polorejo dalam kegiatan pembelajaran di kelas I ditemukan masih banyak peserta didik yang menggangap pembelajaran Matematika itu sulit, membosankan dan sulit dipahami dan juga kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik, dapat menjadikan kurangnya perhatian peserta didik dalam pelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana penggunaan Media Pembelajaran Tangga Pintar terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika kelas 1 di Mi Maarif Polorejo Tahun Pelajaran 2019/2020. (2) Bagaimana penggunaan Media Pembelajaran Ular Tangga Pintar terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika kelas 1 di Mi Maarif Polorejo Tahun Pelajaran 2019/2020. (3) Adakah penggunaan Media Pembelajaran Tangga Pintar dan Ular Tangga Pintar dapat mempengaruhi Motivasi belajar siswa kelas 1 pada pelajaran Matematika di MI Maarif Polorejo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis pendekatan yang digunakan peneliti ialah kuantitatif. Populasi berjumlah 80 yang diambil dari populasi dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan analisis datanya menggunakan rumus One Way Anava.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan peneliti dapat menyimpulkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran tangga pintar terhadap motivasi belajar siswa kelas 1A MI Ma’arif Polorejo Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020 yaitu dalam kategori sedang sebanyak 24 siswa (96%), dalam kategori rendah sebanyak 1 siswa (4%). (2) Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran ular tangga pintar terhadap motivasi belajar siswa kelas 1B MI Ma’arif Polorejo Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020 yaitu dalam kategori sedang sebanyak 25 siswa (96,2%), dan dalam kategori rendah sebanyak 1 siswa (3,8%). (3) Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran tangga pintar dan ular tangga pintar terhadap motivasi belajar siswa kelas 1 MI Ma’arif Polorejo Ponorogo tahun 2019/2020 yaitu nilai rata-rata dari media tangga pintar yang lebih bagus dari pada media ular tangga pintar dilihat pada kolom Mean Difference yaitu dengan rata-rata 5,00154. Sedangkan media Ular tangga pintar dan tanpa perlakuan tidak ada perbedaan atau bisa dikatakan sama karena hasilnya negatif yaitu dengan rata-rata -5,00154. Tetapi dari data yang ada media ular tangga pintar lebih bagus dari pada tanpa perlakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 05:43
Last Modified: 02 Jun 2020 06:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9173

Actions (login required)

View Item View Item