Peran Guru PAI Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja (Studi Kasus Di MA Nurul Mujtahidin Mlarak Tahun Pelajaran 2019/2020)

Fitri, Maharani Sasqia (2020) Peran Guru PAI Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja (Studi Kasus Di MA Nurul Mujtahidin Mlarak Tahun Pelajaran 2019/2020). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
MAHARANI SASQIA FITRI.pdf

Download (841kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sasqia Fitri, Maharani. 2020. Peran Guru PAI Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja (Studi Kasus di MA Nurul Mujtahidin Mlarak Tahun Pelajaran 2019/2020). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing Ahmad Natsir, M.Pd.I

Kata Kunci: Guru PAI, Peran, Kenakalan Remaja

Dalam realitanya, dunia pendidikan selalu dihadapkan dengan berbagai tantangan atau permasalahan yang menuntut untuk diselesaikan dengan cara yang tepat dan bijak. Dari sekian banyak tantangan pendidikan, kenakalan remaja merupakan salah satu permasalahan yang paling sering terjadi dan selalu ditemui di hampir semua lembaga pendidikan. Adapun bentuk-bentuk kenakalan remaja yang dilakukan di sekolah jenisnya bermacam-macam, mulai dari kasus ringan sampai kasus yang terberat. Kenakalan remaja adalah permasalahan yang serius, karena jika dilakukan berulang kali pada akhirnya akan berdampak fatal dan merugikan diri sendiri bahkan orang lain. Karena permasalahan tersebut, lantas memunculkan pertanyaan tentang peranan dan sumbangan guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kenakalan remaja yang terjadi di sekolah.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI sebagai mu’addib dalam mengatasi kenakalan remaja MA Nurul Mujtahidin Mlarak, (2) Untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI sebagai murabbi dalam mengatasi kenakalan remaja MA Nurul Mujtahidin Mlarak, (3) Untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI sebagai mu’allim dalam mengatasi kenakalan remaja MA Nurul Mujtahidin Mlarak, (4) Untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI sebagai mudarris dalam mengatasi kenakalan remaja MA Nurul Mujtahidin Mlarak,

Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data sesuai pendapat Milles dan Huberman dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, display data, kemudian conclution/verivication.

Hasil penelitian menunjukkan bentuk-bentuk kenakalan remaja MA Nurul Mujtahidin masih tergolong kategori ringan, seperti sering terlambat sekolah, tidak mau mengerjakan tugas, menyalahi aturan pemakaian atribut sekolah, berkata tidak sopan, bolos sekolah tanpa keterangan, dan keluar sekolah sebelum waktunya. Sedangkan faktor-faktor penyebab kenakalan remaja ada dua, yaitu faktor internal yang berasal dari proses pencarian jati diri, sedangkan faktor eksternal berasal dari keluarga, pengaruh lingkungan, tuntutan kelompok pergaulan, dan penggunaan negatif teknologi. Dalam mengatasi kenakalan remaja, guru PAI mempunyai peranan: (1) sebagai pendidik (mu’addib), guru PAI memberikan motivasi dan teladan yang baik serta memposisikan diri sebagai orang tua dengan mendedikasikan waktunya untuk siswa saat mereka membutuhkan layanan konsultif, bimbingan maupun bantuan. (2) sebagai pembimbing (murabbi), guru PAI memberikan arahan akan nilai agama dan moral yang baik, serta memberikan pendekatan agar siswa bisa sharing tentang permasalahan yang dihadapi. Pendekatan yang dilakukan ada tiga, yaitu pendekat personal, pendekatan kelompok dan pendekatan edukatif. (3) sebagai pengajar (mu’allim), guru PAI mengajarkan nilai-nilai agama Islam, (4) sebagai pelatih (mudarris), guru PAI menguasai ilmu pengetahuan, melatih dan membiasakan siswa untuk menerapkan nilai-nilai Islam yang dimanifestasikan dalam bentuk sikap atau perilaku ke dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dengan mengaktifkan kegiatan keagamaan dan sosial serta melakukan pembinaan moral.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Natsir
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 05:42
Last Modified: 18 May 2020 05:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9170

Actions (login required)

View Item View Item