Pengaruh Metode Mengajar Dan Kedisiplinan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTsN 3 Ponorogo

Niolasari, Rizky (2020) Pengaruh Metode Mengajar Dan Kedisiplinan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTsN 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIZKY NIOLASARI 210316385.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Niolasari, Rizky. 2020. Pengaruh Metode Mengajar dan Kedisiplinan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTsN 3 Ponorogo. skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ahmad Natsir, M.Pd.I

Kata kunci: Metode Mengajar, Kedisiplinan Guru, Motivasi Belajar
Motivasi dalam belajar atau keinginan belajar dapat dikatakan memiliki perananan penting karena dipandang sebagai cara-cara berfungsinya pikiran siswa dalam hubungan dengan pemahaman bahan pelajaran, singga penguasaan terhadap bahan yang disajikan menjadi lebih mudah dan efektif. Motivasi belajar dapat timbul karena faktor intrinsik, berupa hastrat dan keinginan berhasil, dorongan kebutuhan belajar, dan harapan akan cita-cita. Sedangkan faktor ekstrinsiknya adalah adanya penghargaan, lingkungan yang kondusif, dan kegiatan belajar yang menarik. Fakta dilapangan menunjukkan motivasi belajar siswa kelas VIII MTsN 3 Ponorogo dikategorikan cukup, hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran guru kurang bervariasi dalam menerapkan metode pembelajaran serta kurangnya kedisiplinan guru. Metode mengajar guru merupakan cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Sementara kedisiplinan ialah sikap patuh dan taat terhadap aturan yang berlaku. Tidak dapat dipungkiri metode dan kedisiplinan guru merupakan faktor ekstrinsik pendorong motivasi belajar siswa. Untuk itu, perlu adanya perhatian khusus untuk kedua faktor ini agar motivasi belajar siswa terus meningkat.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh metode mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTsN 3 Ponorogo, (2) mengetahui pengaruh kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTsN 3 Ponorogo, dan (3) mengetahui pengaruh yang signifikan metode mengajar dan kedisiplinan guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTsN 3 Ponorogo.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan kuantitatif yang bersifat regresi. Adapun teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket dengan sampel yang berjumlah 46 siswa kelas VIII dari populasi sebanyak 184 siswa.
Hasil ditemukan: (1) metode mengajar guru secara signifikan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MtsN 3 Ponorogo sebesar 12,6%. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil F hitung pada tabel anova sebesar 6,366 dengan taraf signifikansi 0,015. Karena taraf signifikansi lebih kecil dari 0,05, maka H1 dierima. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti, (2) kedisiplinan guru secara signifikan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTsN 3 Ponorogo sebesar 26,7%. Hal ini dibuktikan dengan hasil F hitung sebesar 9,954 dengan taraf signifikansi 0,000. Karena taraf signifikansi lebih kecil dari 0,05, maka H1 diterima. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti, dan (3) metode mengajar dan kedisiplinan guru secara signifikan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTsN 3 Ponorogo sebesar 31,6%. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil F hitung = 9,954 dengan taraf signifikansi 0,000. karena taraf signifikansi lebih kecil dari 0,05, maka H1 diterima. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Natsir
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 05:38
Last Modified: 18 May 2020 05:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9166

Actions (login required)

View Item View Item