Peran metode simulasi dalam perkembangan emosi siswa pada pembelajaran tematik kelas 1 di madrasah ibtidaiyah ma'arif cekok ponorogo

Nafi'ah, Rizka Khoirun (2020) Peran metode simulasi dalam perkembangan emosi siswa pada pembelajaran tematik kelas 1 di madrasah ibtidaiyah ma'arif cekok ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Data Skripsi Perpus 2-dikonversi.pdf

Download (865kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nafi’ah, Rizka Khoirun, 2020, Peran Metode Simulasi dalam Perkembangan Emosi Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Cekok Ponorogo. Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Program Sarjana (S1), Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Moh. Miftahul Choiri, M.A.
Kata Kunci: Metode Simulasi, Perkembangan Emosi,
Di era modern seperti sekarang ini, dimana perkembangan teknologi semakin pesat, tugas dari kepala sekolah untuk membentuk kepribadian dan karakter peserta didik yang baik semakin berat. Kepala Sekolah sebagai pemimpin lembaga pendidikan yang dituntut kreaktif dalam membuat peraturan dan pembiasaan hal-hal yang baik kepada para peserta didik. Dan alasan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana perkembangan emosi siswa kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Cekok Ponorogo melalui metode simulasi.
Tujuan dari metode simulasi sendiri yaitu: a). Untuk memenuhi pelaksanaan metode simulasi dalam materi tematik kelas 1 di Madrsah Ibtidaiyah Ma’arif Cekok Ponorogo. b). Untuk memenuhi bagaimana perkembangan emosi siswa dalam materi temtik kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo. c). Untuk memenuhi dampak metode simulasi terhadap perkembangan emosional dlam materi tematik kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Babadan Ponrogo.
Metode pembahasan dilakukan dengan metode deduktif. Penelitian jenis ini bersifat deduktif, bagaimana data di lokasi riset akan menjadi sumber utama adanya fenomena dan permasalahan dalam proses pengamatan yang dilakukan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik interaktif Miles dn Huberman meliputi reduksi dta, penyjian data, dan verifikasi atau kesimpulan.
Metode Simulasi mampu membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran tematik kelas 1 dan lebih bisa mengontrol emosinya dengan adanya pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikaji, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1). Pelaksanaan metode simulasi dalam materi tematik kelas 1, gurunya mengatakan bahwa pembelajaran kelas satu efektif lebih ke simulasi (memperagakan) dan juga ada sebagian yang abstak. Namun dalam pembahasan mengenai simulasi tersebut dominan Madrasah Ibidaiyah Ma’arif Cekok mendominasi simulasi dan permainan. 2). Perkembangan Emosi Siswa dalam materi tematik kelas 1,Peneliti menemukan di kelas satu cenderung aktif dan masih sangat amat dekat dengan gurunya, untuk memberikan dukungan kepada siswanya guru memberikan perhatian khusus.3). Dampak dari metode simulasi sendiri terhadap perkembangan emosi dalam materi tematik di kelas satucenderung ke siswa untuk memberikan tindakan akan adanya peraturan di sekolah yang harus dipatuhi setiap saat. Sebagaimana disampaikan oleh kepala sekolah bahwa metode simulasi dalam pembelajaran tematik salah satunya tema “Lingkunganku” bisa membuat siswa lebih bisa mengontrol emosinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftahul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 05:37
Last Modified: 18 May 2020 05:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9164

Actions (login required)

View Item View Item