Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika pada Siswa Kelas V di SDN Jenangan 01 Ponorogo

Mufidah, Nuha (2020) Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika pada Siswa Kelas V di SDN Jenangan 01 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210616050_NUHAMUFIDAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mufidah, Nuha. 2020. Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika pada Siswa Kelas V di SDN Jenangan 01 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN). Ulum Fatmahanik,M.Pd.

Kata Kunci: Peran Guru dan Minat Belajar
Peran guru sebagai motivator, fasilitator dan evaluator sangat dibutuhkan oleh siswa karena peranan guru dalam pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa dengan cara berinteraksi guna meningkatkan potensi yang dimiliki anak. Kondisi belajar mengajar yang efektif adalah adanya minat dan perhatian siswa dalam belajar. Minat ini besar sekali pengaruhnya terhadap belajar, sebab dengan minat seseorang akan melakukan sesuatu yang diminatinya.
Tujuan penelitian: (1) Menjelaskan peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar matematika pada siswa kelas V di SDN Jenangan 01 Ponorogo. (2) Menjelaskan peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan minat belajar matematika pada siswa kelas V di SDN Jenangan 01 Ponorogo. (3) Menjelaskan peran guru sebagai evaluator dalam meningkatkan minat belajar matematika pada siswa kelas V di SDN Jenangan 01 Ponorogo.
Pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian seluruh siswa kelas V berjumlah 21 siswa, diambil 3 subyek dijadikan subyek penelitian lanjut. Pengambilan data menggunakan wawancara.
Berdasarkan analisis data ditemukan: (1) Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa adalah memberikan motivasi berupa nasihat, teguran, hadiah, variasi tepuk. (2) Peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan minat belajar siswa adalah memberikan fasilitas berupa ruang kelas yang nyaman, media pembelajaran, dan buku pembelajaran. (3) Peran guru sebagai evaluator dalam meningkatkan minat belajar siswa adalah memberikan evaluasi berupa evaluasi proses dan evaluasi hasil berguna untuk mengukur ketercapaian siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 05:30
Last Modified: 27 May 2020 05:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9151

Actions (login required)

View Item View Item