Studi Pemikiran Imam Musbikin Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Usia Sekolah Dasar

Zulkarya, Ade Irma Islam (2020) Studi Pemikiran Imam Musbikin Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Usia Sekolah Dasar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_210616017_Ade Irma Islam Zulkarya.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Zulkarya, Ade Irma Islam. 2020. Studi Pemikiran Imam Musbikin Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Usia Sekolah Dasar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Moch. Miftahul Choiri, MA.

Kata Kunci : Kenakalan Siswa, Siswa Sekolah Dasar, Cara Mengatasi

Banyaknya kasus kenakalan siswa usia SD terjadi di sekolah atau di luar sekolah. Sebagai contoh adalah terjadi pada siswa kelas 5 di Sekolah Dasar Negeri Pakunden Kota Kediri. Seorang siswa dianiaya oleh tujuh temannya di halaman sekolah. Hal ini karena dipicu pengaruh lingkungan dan teman sebaya. Dari fakta ini para tokoh pendidikan berusaha mencari solusinya, diantaranya Imam Musbikin. Akhirnya penulis ingin meneliti bagaimana pemikiran Imam Musbikin dalam mengatasi kenakalan siswa usia SD tersebut.
Adapun rumusan masalah penelitian ini meliputi: (1). Bagaimana pandangan Imam Musbikin tentang kenakalan siswa usia sekolah dasar? (2). Bagaimana konsep yang ditawarkan Imam Musbikin tentang cara mengatasi kenakalan siswa usia sekolah dasar? Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pandangan Imam Musbikin tentang kenakalan siswa usia SD dan mengetahui konsep yang ditawarkan Imam Musbikin tentang cara mengatasi kenakalan siswa usia SD.
Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dan jenis penelitian kepustakaan (Library Research). Dengan teknik pengumpulan data dokumenter yaitu penggalian bahan-bahan pustaka yang kohoren dengan objek pembahasan yang dimaksud. Sedangkan analisis data yang dipakai dengan analisis isi (content analysis), melalui tiga fase. Pertama, fase reduksi data. Fase ini memilih data yang dihasilkan dari pengumpulan data yang diperlukan sesuai dengan rumusan masalah. Kedua, fase penyajian data. Fase ini, memaparkan data yang diperoleh pada fase pertama sesuai dengan rumusan masalah dan sub pokok pembahasan agar dapat dipahami secara sistematis. Ketiga, fase analisis data. Fase ini, peneliti melakukan analisis terhadap data-data yang telah disajikan secara deskriptif.
Dari hasil penelitian tersebut, ditemukan bahwa pandangan Imam Musbikin tentang kenakalan siswa usia SD adalah suatu kecenderungan (gharizah) yang dilakukan oleh anak usia antara 7 hingga 12 tahun yang dianggap menyimpang atau perilaku negatif dan tidak sesuai dengan persepsi orang tua maupun guru atau aturan yang ada. Konsep yang ditawarkan Imam Musbikin cara mengatasi kenakalan siswa usia SD adalah orang tua atau guru bukan harus mematikan kenakalan para siswa namun sebaliknya yang dilakukan adalah membelokkan, mengangkat dan meningkatkan kecenderungan siswa yang tampak nakal itu ke arah lain. Contohnya siswa nakal suka merusak bunga di taman sekolah, maka guru dapat menyalurkan kecenderungan siswa tersebut dengan mengurai dan membagi-bagi bunganya itu agar dia mengetahui hakikat dan susunannya. Setelah itu, guru memberikan tugas kepadanya untuk merawat dan memelihara taman di sekolahnya. Cara mengatasi kenakalan siswa usia SD ini menurut Imam Musbikin bisa dilakukan di lingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moch.Miftahul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 05:29
Last Modified: 27 May 2020 05:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9150

Actions (login required)

View Item View Item