Pendidikan Moral Perspektif Imam Musbikin dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar

Khikmiyah, Sucia Lailatul (2020) Pendidikan Moral Perspektif Imam Musbikin dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SUCIA LAILATUL KHIKMIYAH (210616007).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Khikmiyah, Sucia Lailatul. 2020. Pendidikan Moral Perspektif Imam Musbikin Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Muhammad Ghafar, M.Pd.I.

Kata Kunci : Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter, Siswa Sekolah Dasar

Gagasan atau pemikiran tentang pendidikan moral bagi siswa sekolah dasar telah dikemukan para tokoh pendidikan. Salah satu tokoh pendidikan di Indonesia adalah Imam Musbikin yang menilai bahwa pentingnya pembinaan moral siswa usia sekolah dasar perlu digalakkan. Imam Musbikin tergolong tokoh muda yang cukup produktif. Pemikirannya dituangkan dalam bentuk buku bisa dikelompok kedalam beberapa bidang keilmuan. Di bidang pendidikan moral, pemikirannya bisa dikelompokkan menjadi tiga, yaitu pendidikan moral ketuhanan, pendidikan moral kesusilaan dan pendidikan moral kedisiplinan. Maka dari itu, peneliti berusaha mencari relevansi antara pendidikan moral perspektif Imam Musbikin ini terhadap pendidikan karakter siswa sekolah dasar.
Adapun rumusan masalah penelitian ini meliputi: (1). Bagaimana moral ketuhanan, kesusilaan dan kedisiplinan dalam perspektif Imam Musbikin? (2). Apa relevansi pemikiran Imam Musbikin tentang pendidikan moral terhadap pendidikan karakter siswa sekolah dasar?
Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dan jenis penelitian kepustakaan (Library Research). Dengan teknik pengumpulan data dokumenter yaitu penggalian bahan-bahan pustaka yang kohoren dengan objek pembahasan yang dimaksud. Sedangkan analisis data yang dipakai dengan analisis isi (content analysis).
Dari hasil penelitian tersebut, ditemukan bahwa pendidikan moral dalam perspektif Imam Musbikin ini ada tiga macam, yaitu pendidikan moral ketuhanan, pendidikan moral kesusilaan dan pendidikan moral kedisiplinan. Pendidikan moral menurut perspektif Imam Musbikin adalah segala kegiatan keilmuan harus dikaitkan dan dilandasi dengan kalimat tauhid demi karena Allah semata serta akhlak mulia. Sedangkan pendidikan moral kesusilaan adalah pendidikan yang di dalamnya selalu berkaitan dengan adab, sopan santun, norma yang baik, kelakuan yang baik ataupun tatakrama yang luhur. Adapun yang terakhir adalah pendidikan moral kedisiplinan merupakan pendidikan yang tujuan untuk melatih batin dan watak seseorang dengan maksud supaya perbuatannya selalu dapat mentaati tata tertib dan sesuai pada peraturan ataupun ketentuan yang berlaku. Selanjutnya ditemukan juga bahwa ketiga pendidikan moral dalam perspektif Imam Musbikin tersebut ternyata semuanya memiliki relevansi terhadap pendidikan karakter siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ghafar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 05:28
Last Modified: 28 May 2020 02:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9149

Actions (login required)

View Item View Item