Bachruddin, Astin (2020) (SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BELUM TTD + MATERAI, PERSETUJUAN PUBLIKASI BELUM ADA) Implementasi Syawir (Diskusi) dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Fiqih di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_210316153 _ASTIN_BACHRUDDIN_.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTARK
Bachruddin, Astin. 2020. Implementasi Syawir (Diskusi) dalam Meningkatkan
Pemahaman Materi Fiqih di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak
Tonatan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing, Nur Kolis, Ph.D.
Kata kunci: Syawir (Diskusi), Pemahaman Materi Fiqih, Pesantren Darul
Huda Mayak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa seiring
perkembangan zaman, lembaga pendidikan terus dituntut untuk menciptakan
metode pembelajaran baru yang sesuai dengan perkembangan akademik.
Menanggapi tuntutan akademik tersebut Pondok Pesantren Darul Huda Mayak
mempertahankan metode lama yang dianggap masih relevan, yaitu syawir.
Penggunaan metode syawir (diskusi) merupakan metode yang menuntut para
siswa untuk aktif terlibat di dalam kegiatan belajar dan mengajar sehingga
komunikasi yang di bangun antara guru dengan siswa tidak hanya satu arah saja
akan tetapi dua arah. Meskipun terbilang metode yang tradisional syawir (diskusi)
dinilai cukup efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa, khususnya materi
fiqih.
Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana
pelaksanaan kegiatan syawir (diskusi) di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak
Tonatan Ponorogo? (2) Apa faktor penunjang dan penghambat pelakasanaan
syawir (diskusi) di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo? (3)
Bagaimana peran kegiatan syawir (diskusi) dalam meningkatkan pemahaman
materi fiqih di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo?. Adapun
yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode
syawir dalam meningkatkan pemahaman materi fiqih, faktor penunjang dan faktor
penghambat, serta peran pelaksanaan syawir (diskusi).
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi berperan serta, dan
dokumentasi. Sedangkan teknik analisis menggunakan analisa interaktif Miles
Huberman dengan beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penyimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan syawir (diskusi) di
Pondok Pesantern Darul Huda Mayak dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap
persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penyampian hasil syawir (diskusi). 2)
Terdapat dua faktor penujang dan penghambat pelaksanaan syawir (diskusi), yaitu
faktor internal (resiko, pemahaman dan motivasi) dan eksternal (waktu, fasilitas
dan lingkungan). 3) peran syawir (diskusi) dalam meningkatkan pemahaman
materi fiqih nampak pada pada pemahaman (kognitif), yakni membantu
meningkatkan pemahaman santri, kemapuan analisis santri, pola berfikir santri,
santri dapat berbagi pengetahuan dan mendapat pengetahuan yang baru.
Kemudian pada sikap (afektif) berupa membiasakan diri untuk bersikap toleransi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Nur Kolis |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 18 May 2020 05:25 |
Last Modified: | 25 Jun 2020 01:59 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9146 |
Actions (login required)
View Item |