Wibowo, Vita Heni (2020) Upaya Guru dalam Mengembangkan Karakter Peduli Sosial Siswa Melalui Kegiatan Jum'at Beramal di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
LIBRARY-SKRIPSI_VITA HENI WIBOWO_210616201.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Wibowo, Vita Heni. 2020. Upaya Guru Dalam Mengembangkan Karakter Peduli Sosial
siswa Melalui Kegiatan Jum‟at beramal Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ngawi. Skripsi.
Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Ghafar, M. Pd.I.
Kata Kunci : Guru, Jum'at beramal, Karakter peduli sosial
Setiap anak tentunya di bekali Allah SWT dengan potensi yang beda-beda. Setiap
anak pastinya memiliki jiwa sosial berbeda. Sekolah dasar merupakan salah satu
lembaga penyelenggara pendidikan mempunyai tugas menanamkan nilai-nilai
karakter kepada peserta didik. Pembentukan karakter peduli sosial dibentuk dengan
kegiatan jumat beramal. Selain itu, kegiatan-kegiatan internal maupun eksternal guru
juga mengembangkan karakter anak sehingga mampu untuk menjalani kehidupan
sosial dengan baik ketika di masyarakat. Rumusan masalah yang akan di ambil dalam
penelitian ini (1) Bagaimana Karakter peduli sosial siswa di Madrasah Ibtidaiyah
Negeri 1 Ngawi (2) Bagaimana Langkah-langkah guru dalam mengembangkan
karakter peduli sosial siswa melalui kegiatan jumat beramal di Madrasah Ibtidaiyah
Negeri 1 Ngawi.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan mendeskripsikan profil karakter
peduli sosial siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ngawi. (2) mendeskripsikan dan
menganalisis langkah-langkah guru dalam mengembangkan karakter peduli sosial
siswa melalui kegiatan jum‟at beramal di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ngawi.
Penelitian dirancang dengan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus.
Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ngawi. Sampel
penelitian yang dilakukan dengan cara purposive sampling. Prosedur pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1
Ngawi 1) Karakter dalam diri individu meliputi aspek kognitif, afektif dan
psikomotorik. Kebiasaan peduli sosial di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ngawi sudah
baik dan berkembang dengan kegiatan internal maupun eksternal. 2) Pengembangan
karakter peduli sosial siswa di upayakan oleh guru melalui kegiatan-kegiatan
pembiasaan-pembiasaan di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ngawi melalui
kegiatan jum‟at beramal yang dilaksanakan setiap hari jum‟at.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammad Ghafar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 18 May 2020 05:23 |
Last Modified: | 18 May 2020 05:23 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9136 |
Actions (login required)
View Item |