Strategi Radio Yasmaga FM Ponorogo dalam Meningkatkan Jumlah Pengiklan

Hapsari, Dwi Puspita (2020) Strategi Radio Yasmaga FM Ponorogo dalam Meningkatkan Jumlah Pengiklan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-DWI PUSPITA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hapsari ,Dwi Puspita. 2020. Strategi Radio Yasmaga FM Ponorogo dalam
Meningkatkan Jumlah Pengiklan. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan
Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama
Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Muhammad Nurdin, M. Ag.
Kata kunci: Strategi Radio Yasmaga FM, Meningkatkan Jumlah Pengiklan,
Teori AIDA, Iklan, Strategi
Stasiun Radio tidak akan berkembang tanpa adanya strategi yang tepat.
Radio juga tidak akan bertahan hidup dengan lama tanpa adanya pengiklan. Maka
dari itu strategi radio sangat berpengaruh untuk keberlangsungan hidup suatu
sistem manajemen radio. Program radio yang baik dan tepat akan dapat menarik
dan meningkatkan jumlah pengiklan. Teori AIDA merupakan teori yang tepat
bagi peneliti untuk melakukan penelitian ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Radio
Yasmaga FM Ponorogo dalam menarik perhatian pengiklan sehingga mau
memasangkan iklannya di Radio Yasmaga FM Ponorogo dan bagaimana cara
Radio Yasmaga FM Ponorogo mampu mendorong pengiklan untuk mengiklankan
produknya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif
dengan pendekatan kualitatif, yakni dengan menggambarkan bagaimana
perencanaan Radio Yasmaga FM Ponorogo dalam meningkatkan jumlah
pengiklan dan membahas mengenai manajemen Radio Yasmaga FM Ponorogo
dalam meningkatkan jumlah Pengiklan. Peneliti mendapatkan data dari hasil
wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian tahapan atau langkah-langkah perencanaan Radio Yasmaga FM
Ponorogo dalam meningkatkan jumlah Pengiklan menurut teori AIDA yang
dipaparkan peneliti, yakni: a) Attention (perhatian) program yang digunakan adalah
menawarkan pembuatan iklan yang unik, lucu, dan menghibur. b) Interest
(ketertarikan) manajemen Radio Yasmaga FM Ponorogo dalam meningkatkan
jumlah Pengiklan program yang digunakan dalam penetian ini sesuai dengan teori
AIDA yang peniti gunakan. c) Desire (kebutuhan/kenginan) cara yang dilakukan
adalah menciptakan buzz lokal (hal yang berbau lokal) misalnya membuat spot
iklan yang berbau lokal untuk mengajak pengiklan mau memasangkan iklannya
dengan pembuatan spot iklan yang mudah diterima oleh masyarakat lokal dan
menarik perhatian masyarakat lokal sehingga produk yang ditawarkan dalam iklan
juga dapat dikenali dengan mudah. d) Action (aksi) cara yang dilakukan adalah
membuat instagram menayangkan acara saat siaran berlangsung atau saat event￾event off air selanjutnya whatsApps mesenger agar bisa memperkenalkan produk￾produk dan memberikan informasi melalui story whatsApps. Dan melalui youtube
Radio Yasmaga FM Ponorogo bisa membuat konten pada saat on air berlangsung

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Nurdin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 05:21
Last Modified: 26 May 2020 01:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9133

Actions (login required)

View Item View Item