Nurvitasari, Iis Dwi (2020) Manajemen Pembelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Minat Wirausaha Siswa ( Studi Kasus Di SMA Negeri 1 SAmbit). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI IIS DWI NURVITASARI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
DWI NURVITASARI, IIS. 2020. Manajemen Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dalam Meningkatkan Minat Wirausaha Siswa. (Penelitian Kualitatif di SMA Negeri 1 Sambit). SKRIPSI. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Muhammad Thoyib, M. Pd.
Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Prakarya dan Kewirausahaan, Minat Wirausaha
Sekolah Menengah Atas merupakan salah satu cara untuk melanjutkan kreativitas siswa ketika telah menyelesaikan pendidikannya. Ketatnya persaingan didunia kerja, menuntut para siswa untuk memasuki lapangan kerja dengan mengembangkan keterampilan yang ia miliki selama menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Atas. Berdasarkan uraian singkat diatas, peneliti bermaksud akan mengadakan penelitian dengan rumusan masalah: (1) Bagaimanakah perencanaan pembelajaran prakarya dan kewirausahaan dalam meningkatkan minat wirausaha siswa di SMA Negeri 1 Sambit? (2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran prakarya dan kewirausahaan dalam meningkatkan minat wirausaha siswa di SMA Negeri 1 Sambit? (3) Bagaimanakah evaluasi pembelajaran prakarya dan kewirausahaan dalam meningkatkan minat wirausaha siswa di SMA Negeri 1 Sambit?.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Yang mana peneliti melakukan penelitian dengan terjun langsung ke lapangan untuk mengetahui keadaan yang terjadi, sesuai dengan rumusan masalah yang sudah disusun. Dalam pengumpulan data, peneliti melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Perencanaan pembelajaran, melibatkan beberapa pihak, memikirkan hambatan yang mungkin didapati, membuat solusi demi kesuksesan sebuah pembelajaran. Selanjutnya, memilih metode pembelajaran, menggunakan teori dan praktik. Perencanaan ini dilakukan oleh guru prakarya dan kewirausahaan pada awal semester. Menggunakan mekanisme mengumpulkan seluruh pihak yang terlibat. Pada akhirnya memutuskan program yang akan dilakukan pada pembelajaran yang meliputi budidaya, pengolahan, rekayasa dan keterampilan. (2) Pelaksanaan pembelajaran, dapat ditemukan sebuah kendala, namun dengan adanya hambatan atau kendala tersebut adanya usaha menghindari hambatan, diantaranya dengan pandai-pandai melihat situasi dan kondisi, pembelajaran yang efektif dan efisien, sesuai dengan kemampuan, menghasilkan produk yang bermanfaat untuk siswa sebagai pelaksana, bahkan bermanfaat pada lingkungan sekolah. Pelaksanaan pembelajaran ini melibatkan guru dan siswa, menggunakan 40% teori dan 60% praktik. Hasil dari pelaksanaan pembelajaran prakarya dan kewirausahaan dapat dikatakan baik, karena dapat membuat siswa mandiri, kreatif dan aktif. (3) Evaluasi pembelajaran, dengan melibatkan pihak yang ada pada bagian perencanaan. Sebuah evaluasi akan tetap menjadi bahas kritikan jika tidak adanya sebuah tindak lanjut. Maka yang dilakukan adalah menilai proses pada saat itu juga dan tidak lupa memberikan feedback, baik secara lisan maupun tulisan. Tanggapan siswa dan guru dengan adanya pembelajaran ini sangat positif, diantaranya adalah siswa antusias, adanya sebuah variasi, memperoleh penghasilan financial, memiliki produk yang dapat dipamerkan, menumbuhkan jiwa kewirausahaan, membantu siswa untuk memiliki keterampilan, dapat dimanfaatkan untuk ajang promosi sekolah. Dan hasil evaluasi ini meliputi mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi. Sehingga nampak hasilnya, seperti yang dikatakan, bahwa evaluasi bukan hanya diakhir, namun di awal, tengah maupun akhir dari sebuah proses yang ada.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammad Thoyib |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 18 May 2020 05:20 |
Last Modified: | 18 May 2020 05:20 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9131 |
Actions (login required)
View Item |