Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa IAIN Ponorogo Menjadi Nasabah Bank Syariah

Safitri, Maulita Dewi (2020) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa IAIN Ponorogo Menjadi Nasabah Bank Syariah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MAULITA DEWI (SIAP UPLOAD).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengambilan keputusan seseorang muncul sebagai reaksi atas sebuah masalah, artinya ada ketidak sesuaian antara perkara saat ini dimana keadaan yang diinginkan, yang membutuhkan pertimbangan untuk membuat beberapa tindakan alternatif. Keputusan yang dibuat untuk menggunakan suatu produk atau jasa oleh konsumen (nasabah) muncul dari faktor -faktor tertentu. Faktor-faktor yang mempengaruhi diantaranya berupa ransangan pemasaran ekonomi, teknologi, sosial, budaya dan yang terpenting adalah karakteristik konsumen itu sendiri. terdapat juga religiusitas yang dapat mempengaruhi konsumen untuk menentukan pilihannya sebagai pengguna produk bank syariah. Dalam Islam, perilaku konsumen harus mencerminkan hubungan dirinya dengan Allah. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Ponorogo yang jumlah mahasiswanya 10,349 mahasiswa aktif. Jika dilihat dari statusnya sebagai mahasiswa dari Institut Agama Islam di Ponorogo, tentunya mahasiswa lebih paham tentang prinsip-prinsip ajaran Islam dalam bermuamalat secara syar’i. Namun pada kenyataannya konsep bank konvensional sudah lebih dahulu melekat pada mahasiswa IAIN Ponorogo. Sehingga masih banyak mahasiswa yang menggunakan jasa dari bank-bank konvensional. Sebagian dari mahasiswa masih kurang mengetahui informasi tentang bank syariah. Sehingga sebagian dari mereka membuka buku tabungan bukan berdasarkan pengetahuan melainkan berdasarkan tuntutan dari kampus. Sedangkan promosi bank syariah di IAIN Ponorogo gencar dilakukan, tetapi sebagian dari mahasiswa tidak mengambil keputusan dari promosi tersebut untuk menjadi nasabah bank syariah.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Analisis datnya menggunakan regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel ini dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa: literasi keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa IAIN Ponorogo menjadi nasabah di bank syariah dengan tingkat signifikansi 0,722 > 0,05. Religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa IAIN Ponorogo menjadi nasabah di bank syraiah dengan tingkat signifikansi 0,178 > 0,05. Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa IAIN Ponorogo menjadi nasabah di bank syariah dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa IAIN Ponorogo menjadi nasabah di bank syariah dengan tingkat signifikansi 0,001 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 05:14
Last Modified: 18 May 2020 05:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9126

Actions (login required)

View Item View Item