Strategi Komunikasi Persuasif Gojek Dalam Menarik Minat Pelanggan (studi kasus Gojek di Wilayah Ponorogo).

Sulistyastuti, Isna Ayu Arista (2020) Strategi Komunikasi Persuasif Gojek Dalam Menarik Minat Pelanggan (studi kasus Gojek di Wilayah Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Thesis ISNA AYU.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sulistyastuti, Isna Ayu Arista. 2020. Strategi Komunikasi Persuasif Gojek dalam Menarik Minat Pelanggan (studi kasus Gojek di wilayah Ponorogo). Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Ahmad Munir, M.Ag.

Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Minat Pelanggan Gojek.
Salah satu usaha untuk meyakinkan orang lain agar publiknya berbuat dan bertingkah laku seperti yang diharapkan komunikator adalah komunikasi persuasif. Seperti halnya komunikasi persuasif yang terjadi pada pengemudi Gojek dengan pelanggan ditunjukkan dengan adanya tindakan yang membuat nyaman dan perlakuan ramah pengemudi Gojek kepada pelanggannya. Dari komunikasi persuasif yang terjadi akan menimbulkan ketertarikan minat pelanggan untuk menggunakan jasa layanan Gojek.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi persuasif pengemudi, adapun rumusan masalah yang digunakan adalah bagaimana strategi komunikasi persuasif Gojek dalam menarik minat pelanggan dan apa saja faktor pendorong dan penghambat Gojek bagi masyarakat di wilayah Ponorogo.

Penelitian ini bersifat deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif, yakni dengan menggambarkan bagaimana komunikasi persuasif pengemudi Gojek untuk menarik minat pelanggan. Peneliti mendapatkan data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi persuasif dan teori transportasi online (Gojek).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi persuasif yang terjadi antara pengemudi Gojek dengan pelanggan terbentuk adanya suatu tindakan. Secara nyata ditunjukkan dengan tindakan pengemudi Gojek yang ramah, sopan dan tidak mengecewakan pelanggan. Faktor-faktor pendorong pelanggan untuk menggunakan Gojek di wilayah Ponorogo antara lain adalah sangat mudah diakses dan sangat membantu pelanggan dalam hal pemesanan makanan maupun dalam hal berpergian, serta tarif yang ditawarkan lumayan murah. Sedangkan faktor penghambat bagi pelanggan Gojek adalah pembatasan wilayah yang tidak dapat diakses oleh Gojek dan terkadang pengemudi Gojek tergesa-gesa dalam berkendara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hj. Ahmad Munir
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 04:57
Last Modified: 18 May 2020 04:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9109

Actions (login required)

View Item View Item