Peran Orang Tua yang Bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia dalam Perkembangan Prestasi Belajar Siswa di SDN Crabak Slahung Ponorogo

Setiyaningsih, Ida (2020) Peran Orang Tua yang Bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia dalam Perkembangan Prestasi Belajar Siswa di SDN Crabak Slahung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210616032_IDA SETIYANINGSIH.pdf

Download (937kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Setiyaningsih, Ida. 2020. Peran Orang Tua yang bekerja Sebagai Tenaga Kerja Indonesia dalam Perkembangan Prestasi Belajar Siswa di SDN Crabak Slahung Ponorogo. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Ulum Fatmahanik M.Pd

Kata Kunci : Peran orang tua, Tenaga Kerja Indonesia, Prestasi belajar.
Orang tua merupakan komponen keluarga yang terdiri dari ayah dan ibu. Orang tua memiliki peran besar terhadap anak. Saat ini banyak orang tua bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia. Anak yang ditinggalkan biasanya tinggal bersama salah satu orang tuanya baik itu ibu ataupun ayahnya, bahkan bersama pamannya atau neneknya.
Tujuan penelitian: 1)Peran orang tua yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia dalam perkembangan prestasi belajar siswa di SDN Crabak Slahung Ponorogo?, 2)Kendala peran orang tua yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia dalam perkembangan prestasi belajar siswa di SDN Crabak Slahung Ponorogo?, 3)Strategi dalam mengatasi kendala peran orang tua yang yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia dalam perkembangan prestasi belajar siswa di SDN Crabak Slahung Ponorogo?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: 1)Peran orang tua sebagai pengasuh dan pendidik yaitu membantu melalui media whatsapp. Sebagai pembimbing yaitu membatasi bermain, belajar dan istirahat. Sebagai motivator yaitu memberikan dorongan dan apresiasi ketika mendapatkan juara. Sebagai fasilitator yaitu memfasilitasi tempat khusus untuk belajar. 2)Kendalanya yaitu jarak yang jauh, kurang komunikasi dan sibuk bekerja. 3)Strateginya yaitu tetap meluangkan waktu, menasehati, memberikan kasih sayang dan perhatian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 04:54
Last Modified: 27 May 2020 05:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9101

Actions (login required)

View Item View Item