Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Setting Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemandirian Belajar IPS Siswa SMP Pada Materi Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhab Di SMP N 1 Bandar.

Ayuningtyas, Dwi putri (2020) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Setting Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemandirian Belajar IPS Siswa SMP Pada Materi Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhab Di SMP N 1 Bandar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
PDF. SKRIPSI DWI PUTRI A .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawalidengan adanya kebutuhan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Hasil survey menunjukkan bahwa kemandiriam belajar siswa kurang optimal. Hal ini disebabkan salah satunya oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang variatif dan masih berpusat pada guru. Siswa belum diberi kesempatan untuk mengkontruksi pengetahuan dan kemampuan yang dimilikinya, sehingga siswa tidak mandiri dalam belajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kemandirian belajar IPS siswa kelas VII di SMP N 1 Bandar Pacitan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan setting kooperatif jigsaw.
Populasi dalam penelitian ini Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bandar Pacitan yang berjumlah 182 siswa yang terbagi dalam lima kelas VII A, VII B, VII C ,VII D dan VII E yang masing- masing kelasnya terdiri dari 28 siswa. Teknik sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu peneliti menentukan sendiri sampel yang akan diambil karena pertimbangan tertentu. Jadi, sampel yang akan di ambil tidak secara acak akan tetapi ditentukan sendiri oleh peneliti. Adapun pertimbangan yang dilakukan dalam pengambilan sampel ini yaitu berdasarkan nilai UTS IPS semester ganjil. Nilai rata-rata UTS kelas VII A adalah 84 dan kelas VII E adalah 83. Berdasarkan nilai tersebut maka, kelas VII E ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A ditetapkan sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket kemandirian dengan menggunakan skala likert. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas yang dibantu menggunakan progam SPSS for windows 2018.
Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t sehingga diperoleh hasil t= 12,343 pada taraf singnifikasi 0,000. Jadi jika nilai sig < 0,05 maka H0 ditolak, hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran berbasis masalah dengan setting kooperatif jigsaw terhadap kemandirian belajar siswa SMP pada materi aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 04:53
Last Modified: 18 May 2020 04:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9098

Actions (login required)

View Item View Item