Irawan, Dedy (2020) analisis profil kemampuan literasi sains siswa smp di kabupaten ponorogo ditinjau dari komunikasi verbal pada tema listrik dinamis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI Perpustakaan Dedy A4.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan sains disekolah memiliki tujuan membangun masyarakat yang melek sains. Melihat hasil tes literasi yang diselenggarakan oleh PISA pada tahun 2015, data prestasi Indonesia berada pada peringkat 60 dari 65 dalam kategori cukup dari negara peserta yang mengikuti tes. Hal ini menunjukan betapa rendahnya pendidikan sains di Indonesia. Pendidikan sains seharusnya bisa membentuk individu yang melek sains. Kemudian dalam berkomunikasi terutama lisan masih terkaguk-kaguk. Dalam proses belajar pastinya perlu untuk mengetahui pengetahuan yang lebih luas, oleh karenanya banyak membaca dan berlatih untuk berbicara yang baik. Hal tersebut dapat dimaksudkan bahwa supaya pendidikan dapat tercapai dengan baik dan berkualitas. Literasi sains menjadi topik yang penting di dunia pendidikan, dimana untuk kemajuan suatu negara. Begitu juga dalam menyampaikan informasi dengan kata lain yaitu komunikasi verbal diutamakan untuk melatih mental dalam berbicara sesuai pengetahuan yang didapatkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) level kemampuan literasi sains dan komunikasi verbal; 2) profil kemampuan literasi sains dan komunikasi verbal; 3) faktor pendukung kemampuan literasi sains dan komunikasi verbal; 4) pola keterkaitan kemampuan literasi sains dan komunikasi verbal siswa SMP di Kabupaten Ponorogo pada materi listrik dinamis.
Metode penelitan yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan desain naturalistic. Teknik pengambilan sample dilakukan melalui purpossive sebanyak 7 orang siswa berprestasi yang tersebar pada 3 SMP di Ponorogo. Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalaisa melalui deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah : 1) level kemampuan literasi sains dan komunikasi verbal siswa di Ponorogo dominan pada aspek mengidentifikasi pertanyaan untuk memperoleh pengetahuan baru dan kemampuan komunikasi verbal pada aspek menyajikan informasi secara ilmiah dan sistematis; 2) kecendrungan kemampuan berliterasi sains siswa di SMP Ponorogo diwujudkan dalam bentuk ekspresi interkoneksi dalam konsep IPA, eksplorasi, sebab akibat, penyajian simbolis, grafik dan diagram, sedangkan kecendrungan kemampuan komunikasi verbal siswa di SMP Ponorogo diwujudkan dalam bentuk ekspresi yang melibatkan gesture, intonasi sesuai struktur kognitif; 3) faktor pendukung kemampuan literasi sains dan komunikasi verbal dipengaruhi perhatian orang tua, ketersediaan sarana dan prasarana, serta motivasi yang diberikan oleh guru; 4) pola keterkaitan antara kemampuan literasi sains dan komunikasi verbal melibatkan sinergitas ekspresi ilmiah siswa dalam bentuk interpretasi, representasi, interpersonal dan interaksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Wirawan Fadly |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 18 May 2020 04:51 |
Last Modified: | 18 May 2020 04:51 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9095 |
Actions (login required)
View Item |