(UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH, KATA PENGANTAR TDK BOLEH DI UPLOAD) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining Dengan Menggunakan Media Promak (Putaran Roda Norma Kehidupan) Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Min 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020

Jannah, Putri Nur (2020) (UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH, KATA PENGANTAR TDK BOLEH DI UPLOAD) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining Dengan Menggunakan Media Promak (Putaran Roda Norma Kehidupan) Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Min 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210616226_PUTRI NUR JANNAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Jannah, Putri Nur. 2020. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining Dengan Menggunakan Media Promak (Putaran Roda Norma Kehidupan) Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di MIN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Hanin Niswatul Fauziah, M.Si.
Kata Kunci: Explaining, Hasil belajar, Media Promak, Minat, Student Facilitator
Proses pembelajaran pada mata pelajaran IPA di kelas III Ibnu Sina MIN 1 ponorogo masih menggunakan model pembelajaran konvensional, hal tersebut mengakibatkan rendahnya minat belajar siswa. Rendahnya minat belajar siswa menyebabkan hasil belajarnya menurun. Terbukti pada saat guru memberikan tes soal hanya 33,33% siswa yang mencapai nilai tuntas KKM.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining dengan menggunakan media promak di kelas III Ibnu Sina MIN 1 Ponorogo. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan tiap pertemuan terdiri dari 2-3 jam pelajaran. Penelitian ini menggunakan lembar observasi, soal tes, dan kuisioner/angket sebagai instrumen dalam pengumpulan data.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining dengan menggunakan media promak sebesar 94,44% dengan kategori sangat tinggi. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining dengan menggunakan media promak pada siklus I sebesar 74,07%, sedangkan siklus II sebesar 96,23% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 04:48
Last Modified: 18 May 2020 04:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9089

Actions (login required)

View Item View Item