Pengembangan Bahan Ajar Berorientasi pada Prinsip Argument Driven Inquiry (ADI) untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Siswa Pada Tema Pencemaran Lingkungan Kelas VII MTsN 6 Ponorogo

Miaturrohmah, Miaturrohmah (2020) Pengembangan Bahan Ajar Berorientasi pada Prinsip Argument Driven Inquiry (ADI) untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Siswa Pada Tema Pencemaran Lingkungan Kelas VII MTsN 6 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi perpus.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dengan menerapkan pembentukan keterampilan argumentasi merupakan salah satu upaya untuk mengimplementasikan pendidikan abad 21. Keterampilan argumentasi mampu membentuk kemampuan kognitif serta mampu mengkonstruksi keterhubungan antara teori dengan pemahaman konsep. Agar konsep dan teori IPA dapat dengan mudah dipahami, maka diperlukan bahan ajar yang mampu menjembatanu proses pengkontruksian tersebut. Selain itu, situasi dan kondisi alam yang tidak bisa diperkirakan sebelumnya, seperti mewabahnya virus Covid-19 di mayoritas negara di dunia mengharuskan dilakukannya upaya untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut, salah satunya dengan membatasi kontak sosial antar penduduk termasuk para pelajar yang akhirnya diberlakukan kebijakan work from home atau bekerja dari rumah. Oleh karena itu adanya bahan ajar sangat bermanfaat sebagai sarana siswa untuk belajar secara mandiri di rumah masing-masing, termasuk belajar berargumentasi.
Bahan ajar yang biasa digunakan dirasa belum mampu menunjang proses konstruksi pengetahuan melalui penekanan keterampilan argumentasi siswa, sehingga perlu adanya pengembangan bahan ajar berorientasi pada prinsip Argument Driven Inquiry (ADI). Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan suatu bahan ajar yang terfokus pada peningkatan keterampilan argumentasi siswa, yaitu bahan ajar berorientasi pada Prinsip Argument Driven Inquiry (ADI) serta mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan kefektifan bahan ajar tersebut dalam meningkatkan keterampilan argumentasi siswa.
Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di MTsN 6 Ponorogo, dengan metode penelitian Reseacrh and Development (R&D) menggunakan model Borg and Gall. Tahapan pengembangan terdiri atas draft produk, validasi, pembuatan prototype, uji terbatas, dan produk final. Selama tahap uji coba, sampel diambil melalui cluster random sampling. Data dianalisa menggunakan deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, dan statistik inferensial.
Adapun hasil penelitian adalah: 1) bahan ajar yang dikembangkan yaitu bahan ajar berorientasi pada Prinsip Argument Driven Inquiry (ADI) layak digunakan dan valid baik secara konstruk maupun konten, 2) bahan ajar yang dikembangkan memiliki tingkat kepraktisan sebesar 84% dan keterbacaan sebesar 98,5%, yang artinya bahan ajar sangat baik dalam memeberikan motivasi kepada peserta didik untuk belajar relevan dengan materi, dan mudah dipahami dari aspek materi dan kebahasaan, 3) bahan ajar yang dikembangkan efektif meningkatkan keterampilan argumentasi siswa pada tema pencemaran lingkungan secara signifikan (α=0,05) dengan skor N-gain sebesar 47,17% atau pada kategori peningkatan sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 04:45
Last Modified: 18 May 2020 04:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9085

Actions (login required)

View Item View Item