Komparasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Antara Yang Menggunakan dan Tidak Menggunakan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Pada Siswa Kelas IV Di MI Ma'arif Mayak Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020

Rini, Elin Sapto (2020) Komparasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Antara Yang Menggunakan dan Tidak Menggunakan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Pada Siswa Kelas IV Di MI Ma'arif Mayak Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Upload Perpus 1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran RME merupakan salah satu pendekatan dalam pembelajaran matematika yang berpusat pada siswa yang mengaitkan dengan dunia nyata dan pengalaman belajar yang pernah dialami oleh siswa. Namun pada kenyatannya, guru lebih sering menggunakan pembelajaran konvensional. Terdapat kesulitan siswa pada mata pelajaran matematika di MI Ma’arif Mayak. Salah satu di antaranya terletak pada cara penyelesaian siswa terhadap soal-soal dalam bentuk pemecahan masalah, seperti kesulitan dalam memahami soal, mencari solusi, dan menyajikannya dalam kalimat matematika. Siswa membutuhkan bantuan guru untuk menjelaskan satu persatu kalimat dalam soal tersebut menjadi kalimat matematika. Sehingga siswa kurang mampu menyusun perencanaan masalah yang berdampak pada perencanaan yang disusun menjadi tidak relevan dengan apa yang ditanyakan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika yang menggunakan pembelajaran RME pada siswa kelas IV di MI Ma’arif Mayak Ponorogo, (2) mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika yang tidak menggunakan pembelajaran RME pada siswa kelas IV di MI Ma’arif Mayak Ponorogo, (3) mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara yang menggunakan dan tidak menggunakan pembelajaran RME pada siswa kelas IV di MI Ma’arif Mayak Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian jenis eksperimen dengan posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di MI Ma’arif Mayak Ponorogo. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data hasil penelitian ini menggunakan uji t (polled varians), karena data homogen.
Hasil dari nilai rata-rata tes pada kelas kontrol = 46,72 dan pada kelas eksperimen = 78,6. Hasil dari pengujian hipotesis pada pengujian nilai tes diperoleh hasil thitung > ttabel = 7,1 > 1,684. Dari pengolahan data dan pengujian hipotesis penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu ditunjukkan dengan nilai tes kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dan juga berdasarkan pengujian hipotesis sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika antara yang menggunakan dan tidak menggunakan pembelajaran RME.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 04:32
Last Modified: 29 May 2020 03:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9041

Actions (login required)

View Item View Item