Penerapan Teknik Cross-Line dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Pemahaman Konsep Perkalian Bilangan Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III MI Al-Hikmah Jonggol Jambon Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020.

Nitasari, Estiqomah Ayum (2020) Penerapan Teknik Cross-Line dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Pemahaman Konsep Perkalian Bilangan Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III MI Al-Hikmah Jonggol Jambon Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PERPUS FIX.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nitasari, Estiqomah Ayum. 2020. Penerapan Teknik Cross-Line dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Pemahaman Konsep Perkalian Bilangan Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III MI Al-Hikmah Jonggol Jambon Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ali Ba’ul Chusna, MSI.

Kata Kunci: Teknik cross-line, Keaktifan, Pemahaman Konsep Perkalian, Matematika
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya tingkat pemahaman siswa kelas III MI Al-Hikmah Jonggol Jambon Ponorogo mengenai konsep dasar perkalian bilangan pada mata pelajaran Matematika. Hal ini disebabkan karena kurang efektifnya teknik perkalian yang digunakan untuk memahamkan siswa mengenai konsep dasar perkalian. Dengan penggunaan Teknik perkalian susun juga menyebabkan rendahnya tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan siswa pada proses pembelajaran perkalian bilangan pada mata pelajaran matematika kelas III di MI Al-Hikmah Jonggol Jambon Ponorogo. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep perkalian bilangan pada mata pelajaran matematika kelas III di MI Al-Hikmah Jonggol Jambon Ponorogo
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang berupa pengkajian masalah-masalah pembelajaran di dalam kelas yang tidak di-setting untuk kepentingan penelitian secara khusus, akan tetapi PTK berlangsung dalam keadaan situasi dan kondisi yang riil tanpa direkayasa. Adapun subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas III MI Al-Hikmah Jonggol Jambon Ponorogo yang berjumlah 24 siswa. Sedangkan objek penelitiannya adalah keaktifan, pemahaman dan hasil belajar siswa materi perkalian bilangan pada mata pelajaran Matematika. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes.
Dari analisis data ditemukan (1) keaktifan siswa dalam proses kegiatan pembelajaran Matematika materi perkalian bilangan pada siswa kelas III MI Al-Hikmah Jonggol Jambon Ponorogo mengalami peningkatan. Dari hasil analisis diketahui bahwa dari 24 siswa diperoleh hasil keaktifan dengan kategori “tinggi” yang semula 37,5% meningkat menjadi 44,44%, kategori sedang yang semula 42,36% meningkat menjadi 46,53%, dan kategori rendah yang semula 20,14% menurun menjadi 9,03%. Data tersebut menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan. (2) Pemahaman siswa mengenai konsep dasar perkalian pada pembelajaran Matematika kelas III MI Al-Hikmah Jonggol Jambon Ponorogo mengalami peningkatan. Dari hasil analisis diketahui terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari pre-test ke masing-masing siklus dengan cukup tinggi yaitu sebesar 62,5% ke siklus I dan 54,17% ke siklus II. Namun, terjadi penurunan persentase ketuntasan hasil belajar dari siklus I ke siklus II dari 83,33% menjadi 75%. Berdasarkan data tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa secara umum terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang menunjukkan pula peningkatan pemahaman siswa mengenai konsep perkalian bilangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ali Ba'ul Chusna
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 04:41
Last Modified: 29 May 2020 03:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9030

Actions (login required)

View Item View Item