PENGEMBANGAN ALAT PERAGA KIT TEKANAN ZAT BERBAHA DAUR ULANG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARIK KESIMPULAN PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 MLARAK PONOROGO

Nur Hamidah, Ulfa (2020) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA KIT TEKANAN ZAT BERBAHA DAUR ULANG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARIK KESIMPULAN PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 MLARAK PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ULFA NUR HAMIDAH - E-SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Hamidah, Ulfa Nur. 2020. Pengembangan Alat Peraga Kit Tekanan Zat Berbahan Daur Ulang dalam Meningkatkan Kemampuan Menarik Kesimpulan Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 1 Mlarak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr.Wirawan Fadly, M.Pd.

Kata Kunci:Pengembangan alat peraga kit tekanan zat berbahan daur ulang, Kemampuan menarik kesimpulan peserta didik.
Pengembangan pengetahuan dan kebutuhan dasar penyampaian materi IPA dalam proses pembelajaran perlu ditunjang dengan pendayagunaan alat peraga berbasis sains. Alat peraga yang baik terbukti mampu mengembangakan pola pikir kritis khususnya dalam membuat alternatif solusi untuk menarik kesimpulan. Tentunya, alat peraga tersebut perlu mempertimbangkan kemudahan mendapatkan dan membuatnya serta konstekstual dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu, dalam menghadapi pandemi virus corona (covid-19), kegiatan belajar di rumah menjadiCara yang efektif sekaligus mencegah penyebarannya. Mengingat pentingnya hal tersebut, maka akan dilakukan penelitian pengembangan produk berupa alat peraga kit tekanan zat berbahan daur ulang yang layak digunakan.
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan alat peragakit tekanan zat berbahan daur ulang dalam meningkatkan kemampuan menarik kesimpulan peserta didik pada pembelajaran IPA materi tekanan kelas VIII di SMP Negeri 1 Mlarak Ponorogo dengan mengetahui validitas, kepraktisan, serta efektivitas produk.
Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D data dikumpulkan melalui kuesioner dan tes, kemudian data tersebut dianalisa dengan menggunakan deskriptif kualitatif, deskrtiptif kuantitatif dan statistik inferensial menggunakan Uji-t.
Adapun hasil penelitian adalah; 1) alat peraga beserta panduan penggunaan yang dikembangkan layak digunakan baik secara konten maupun konstruk dengan perolehan skor CVR Indeks sebesar 1. 2) secara penggunaanya memiliki tingkat kepraktisan sebesar 75% dengan perolehan tertinggi pada aspek keamanan dan relevansi dengan materi,3) alat peraga dan panduan penggunaannya yang dikembangkan secara efektif meningkatkan kemampuan menarik kesimpulan dengan signifikan (α = 0,05) serta perolehan nilai N-Gain sebesar 68, 9346 atau dalam kategori peningkatan sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 May 2020 04:37
Last Modified: 18 May 2020 04:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9028

Actions (login required)

View Item View Item