Widiawati, Widiawati (2020) Pengaruh Strategi Mind Map Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VII MTs Ma'arif Al-Ishlah Bungkal Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_210316209_WIDIAWATI_PERPUS.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Widiawati, 2020. Pengaruh Penggunaan Strategi Mind Map Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VII di MTs Maarif Al-Ishlah Bungkal Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Pryla Rochmawati, M.Pd.
Kata Kunci: Strategi Mind Map, Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar
SKI
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih belum maksimalnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal SKI, dikarenakan peserta didik kurang termotivasi untuk belajar dan merasa kesulitan untuk mengingat materi, hal tersebut disebabkan karena guru hanya menerapkan strategi ceramah dalam pembelajaran, sehingga siswa kurang diberikan kesempatan berpikir kreatif. Salah satu alternatif strategi pembelajaran yang dapat diterapkan sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu dengan penggunaan strategi Mind Map. Diasumsikan bahwa strategi Mind Map yang berbentuk peta pemikiran mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi Mind Map terhadap kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI Kelas VII MTs Maarif Al-Ishlah Bungkal Tahun Ajaran 2019/2020.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain non-equivalent control group design. Dalam rancangan ini melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas VII, dengan sampel 32 siswa. Menggunakan teknik sampling cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji hipotesis (t-test).
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi Mind Map terhadap kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII MTs Ma’arif Al-Ishlah Bungkal tahun ajaran 2019/2020. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung = 4,560, sedangkan untuk taraf signifikansi α = 0,05 dan N = 32, diperoleh nilai ttabel 2,042 jadi thitung > ttabel = 4,560 > 2,042.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Pryla Rochmawati |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 18 May 2020 04:35 |
Last Modified: | 18 May 2020 04:35 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9027 |
Actions (login required)
View Item |