Pengaruh Onlineshop Pada Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Ponorogo

Agustina, Arum (2020) Pengaruh Onlineshop Pada Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ARUM AGUSTINA 211016011.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada era modern ini teknologi berkembang sangat pesat. Salah satunya bisnis e-commerce seperti onlineshop yang semakin diminati berbagai kalangan karena banyak kemudahan yang diperoleh seperti akses penggunaan yang begitu mudah, modal yang diperlukan tidak terlalu besar, tidak perlu keluar rumah dan sebagainya. Hal ini dapat menyebabkan adanya perubahan perilaku konsumen. Perubahan perilaku masyarakat dalam e-commerce merupakan tantangan tersendiri bagi perusahaan agar dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumennya. Ragam fasilitas yang disajikan membuat para pengguna merasa dimanjakan dengan kemudahan tersebut hingga menyebabkan dirinya berperilaku konsumtif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan Onlineshop di media sosial instagram terhadap perilaku konsumtif siswa kelas X SMK Negeri 2 Ponorogo. Pendekatan yang digunakan peneliti ialah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan koesioner. Analisis data yang digunakan yaitu Regresi Linier Sederhana. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Kecantikan di SMKN 2 Ponorogo yang berjumlah 109 siswa dan sampel yang digunakan adalah 86 siswa.
Dari hasil penelitian diperoleh: 1) tingkat pengguna onlineshop di instagram siswa kelas X SMK Negeri 2 Ponorogo berada pada kategori sedang yang memiliki frekuensi tertinggi yaitu 73 responden dengan persentase sebanyak 84,89%. 2) tingkat perilaku konsumtif siswa kelas X SMK Negeri 2 Ponorogo berada pada kategori sedang yang memiliki frekuensi tertinggi yaitu 68 responden dengan persentase sebanyak 79,06%. 3) Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan onlineshop di media instagram terhadap perilaku konsumtif dengan nilai Fhitung = 33,101 dan dibandingkan dengan Ftabel dengan taraf signifikansi 5% yaitu 1,992. Maka Fhitung ≥ Ftabel, sehingga Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 May 2020 04:30
Last Modified: 14 May 2020 04:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9025

Actions (login required)

View Item View Item