Istakhori, Mohammad (2020) Implementasi Model Pembelajaran Picture and Picture dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Thaharah pada Santri Kelas II Madrasah Diniyah Al Hidayah Sukorejo Ponorogo Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
SKRIPSI ISTAKHORI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Istakhori, Mohammad. 2019. Implementasi Model Pembelajaran Picture and Picture dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Thaharah pada santri kelas II Madrasah Diniyah Al Hidayah Sukorejo Ponorogo.Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Mukhibat, M.Ag
Kata Kunci: Model pembelajaran Picture and Picture, Pemahaman Materi Thaharah
Dalam pembelajaran biasanya timbul penyimpangan-penyimpangan sehingga pembelajaran tersebut tidak efektif dan efisien, antara lain disebabkan oleh adanya kecenderungan verbalisme, ketidaksiapan siswa atau mahasiswa, kurang minat dan kegairahan dan sebagainya. Proses pembelajaran yang berkualitas melibatkan banyak hal, salah satunya adalah metode atau model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Maka dari itu, guru dituntut untuk mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan dapat membuat siswa belajar dengan sungguh-sungguh melalui model pembelajaran yang diterapkan.
Penelitian ini memfokuskan masalah pada 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan pemahaman materi thaharah pada santri Kelas II Madrsah Diniyah Al Hidayah Sukorejo, Kab. Ponorogo tahun pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana hasil penerapan model pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan pemahaman materi thaharoh pada santri kelas 2 Madrasah Diniyah Al Hidayah Sukorejo. Kab. Ponorogo?
Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu rancangan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa/santri kelas II Madrasah Diniyah Al Hidayah Sukorejo Pononorogo yang berjumlah sebanyak 15 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar observasi guru dan siswa dan hasil test siswa, kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus presentase.
Adapun hasil penilitian yang diperoleh adalah 1) Penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan pemahaman materi thaharah pada santri Kelas II Madrsah Diniyah Al Hidayah Sukorejo, Kab. Ponorogo tahun pelajaran 2018/2019 dengan didasari pada setiap siklusnya berada pada kategori sangat baik, yang mana pada siklus I seluruh kemampuan memecahkan masalah pada materi Thaharah, santri/santriwati mencapai 60%. meningkat pada siklus II dengan kemampuan memecahkan masalah mencapai 93.33%. 2) Hasil penerapan model pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan pemahaman materi thaharoh pada santri kelas 2 Madrasah Diniyah Al Hidayah Sukorejo. Kab. Ponorogo sangat baik, terbukti bahwa nilai ulangan mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, dengan nilai ketuntasan santri pada siklus I yaitu 66,67% sedangkan yang tidak tuntas sebesar 33.33% dan pada siklus II nilai ketuntasan mencapai 93.33% dan yang tidak tuntas hanya 6.67%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Mukhibat |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 14 May 2020 03:32 |
Last Modified: | 14 May 2020 03:32 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9015 |
Actions (login required)
View Item |