Strategi Pemasaran dalam Menarik Minat Masyarakat Menggunakan Produk Pembiayaan Talangan Umrah di PT BPRS Magetan.

Purwanto, Ririn Andriana (2020) Strategi Pemasaran dalam Menarik Minat Masyarakat Menggunakan Produk Pembiayaan Talangan Umrah di PT BPRS Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
RIRIN ANDRIANA PURWANTO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Purwanto, Ririn Andriana. Strategi Pemasaran dalam Menarik Minat Masyarakat Menggunakan Produk Pembiayaan Talangan Umrah di PT BPRS Magetan. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah.

Kata Kunci: Personal selling, Sosialisasi, Jumlah Nasabah

PT BPRS Magetan merupakan lembaga keuangan yang memiliki produk pembiayaan talangan umrah. Dalam teori pemasaran yang dikemukakan oleh kasmir, strategi promosi yang harus dilakukan oleh pihak bank ada periklanan, sales promotion, personal selling, dan publicity. Namun dalam hal ini PT BPRS Magetan hanya menekankan satu strategi saja yaitu personal selling. Hal tersebut menyebabkan target yang ingin dicapai oleh PT BPRS Magetan pada pembiayaan talangan umrah ini belum bisa terpenuhi. Sehingga, pelaksanaan strategi pemasaran untuk menarik minat masyarakat menggunakan pembiayaan talangan umrah ini menjadi hal yang penting untuk diteliti lebih lanjut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah pelaksanaan strategi pemasaran dalam menarik minat masyarakat menggunakan produk pembiayaan talangan umrah di PT BPRS Magetan, minat masyarakat terhadap produk pembiayaan talangan umrah dan kontribusi strategi pemasaran dan minat masyarakat terhadap jumlah pendapatan pembiayaan talangan umrah. Proses Penelitian ini Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian lapangan (field research), teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini bersifat induktif.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran diterapkan dengan bauran pemasaran 4P yaitu: produk, dengan mengeluarkan pembiayaan talangan umrah yang menampilkan mutu dari produk pembiayaan ini meliputi pemberian fasilitas dan kemudahan yang terdapat didalam karakteristik produk. Harga, penentuan harga berdasarkan risiko yang akan diterima oleh bank dan sesuai kesepakatan dengan nasabah, pengembalian dana dari nasabah berupa ujrah/fee sebesar 1,5% dari total pembiayaan, adanya biaya administrasi sebesar seratus ribu rupiah dan bisa di angsur mulai jangka waktu satu tahun sampai dengan tiga tahun. Tempat, pemasaran dalam pembiayaan mutabarok berada di tiga tempat yaitu di kantor pusat (Magetan) dan kantor kas (Kawedanan dan Barat). Kemudian dalam strategi tempat juga menerapkan layanan sistem jemput bola kepada nasabah. Promosi, melalui periklanan, penjualan pribadi, publisitas, dan promosi penjualan. Strategi pemasaran yang diterapkan kurang maksimal karena hanya menekankan pada sosialisasi dan penyebaran brosur. Sehingga menyebabkab minat masyarakat masih rendah terhadap pembiayaan ini. Hal tersebut disebabkan oleh rendahnya tingkat pengetahuan dan pemahaman masyarakat pada produk talangan ini. Jumlah nasabah pada pembiayaan talangan umrah tidak mengalami peningkatan, hal ini ditunjukkan pada tahun 2018 dan 2019 hanya terdapat satu orang nasabah saja. Jadi, sementara total nasabah sampai tahun 2020 ini hanya ada dua orang nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 May 2020 03:05
Last Modified: 13 May 2020 03:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9011

Actions (login required)

View Item View Item