Penerapan strategi reading aloud, drill, dan poster session untuk meningkatkan kemampuan berdo'a (Penelitian tindakan kelas di siswa kelompok B TK Dharma Wanita Gandukepuh Sukorejo Ponorogo)

Sri, Winih (2015) Penerapan strategi reading aloud, drill, dan poster session untuk meningkatkan kemampuan berdo'a (Penelitian tindakan kelas di siswa kelompok B TK Dharma Wanita Gandukepuh Sukorejo Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, STAIN Ponorogo.

[img] Text
sriwinih, Bab I-II, DP.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)

Abstract

Dalam pembelajaran di PAUD, terkadang ada anak yang kurang memperhatikan ketika guru mengajar, ada yang mengganggu temannya, bahkan ada yang bermain di kelas dan ketika disuruh menirukan dan melafalkan mereka tidak bisa. Oleh karena itu peran aktif guru sangat penting dalam proses pembelajaran anak usia dini, agar anak selalu aktif dan senang mengikuti pembelajaran. Disamping itu pengaruh agama orang tua sangat menunjang belajar siswa, sehingga pembiasaan berdoa sudah dimulai dari kehidupan sehari-hari anak dirumah. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Tingkat kemampuan melafal anak dalam pembelajaran berdoa di Kelompok B TK Dharma Wanita Gandukepuh Sukorejo Ponorogo melalui strategi, Poster Comment, Reading Aloud dan Drill dalam pembelajaran berdoa, (2) Tingkat kemampuan mengamait anak dalam mengikutipembelajaran berdoa di Kelompok B TK Dharma Wanita Serangan Mlarak Ponorogo melalui strategi, Poster Comment, Reading Aloud dan Drill dalam pembelajaran berdoa, (3) Tingkat pembiasaan anak dalam pembelajaran berdoa di Kelompok B TK Dharma Wanita Gandukepuh Sukorejo Ponorogo Dalam mengungkapkan masalah ini, peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan setting di Kelompok B TK Dharma Wanita Gandukepuh Sukorejo Ponorogo yang mencakup 2 siklus. Dalam setiap siklusnya melalui daur PTK yang terdiri dari 4 tahap yaitu : Perencanaan (Planning), Tindakan(Acting),Observasi (Observing), dan Refleksi (Reflecting). Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik observasi dan dokumentasi. Dari analisis data yang ditemukan bahwa strategPoster Comment, Reading Aloud dan Drill , yang diterapkan guru dalam pembeajaran berdoa di Kelompok B TK Dharma Wanita Gandukepuh Sukorejo Ponorogo, hasilnya adalah sebagai berikut : Peningkatan yang diperoleh pada siklus I, Kemampuan melafal mencapai 40% dari jumlah 20 anak, Kemampuan menghafal mencapai 60% dari jumlah 20 anak, dan pembiasaan 75% dari jumlah anak. Siklus II, tingkat kemampuan melafal mencapai 80% dari jumlah 20 anak, kemampuan menghafal 90% dari jumlah 20 anak, dan pembiasaan mencapai 85% dari jumlah 20 anak. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa strategiPoster Comment, Reading Aloud dan Drilldapat meningkatkan kemampuan melafal, menghafal, dan dapat meningkatkan pembiasaan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: 1. H.Mukhlison Effendi, M.Ag
Subjects: ?? 2X73 ??
Divisions: ?? pro_pai ??
Depositing User: m. dhofar
Date Deposited: 19 Jun 2015 02:38
Last Modified: 23 Jun 2015 06:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/9

Actions (login required)

View Item View Item