Analisis Strategi Pemasaran Dalam Penentuan Segmentasi, Target Dan Posisi Pasar Dealer Honda (Studi Kasus Di PT. Nusa Motor Dolopo Madiun)

Dewi Tafana, Hafsari (2020) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Penentuan Segmentasi, Target Dan Posisi Pasar Dealer Honda (Studi Kasus Di PT. Nusa Motor Dolopo Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210716087.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tafana, Hafsari Dewi. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Penentuan Segmentasi, Target Dan Posisi Pasar Dealer Honda (Studi Kasus di PT. Nusa Motor Dolopo Madiun). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Segmentasi Target dan Posisi Pasar.
Strategi pemasaran merupakan pondasi penting sebuah perusahaan dalam menjalankan roda organisasi, menurut teori strategi pasar perlu dipersiapkan sejak dini agar tujuan pemasaran tepat sasaran. Unsur-unsur strategi pemasaran terdiri dari segmentasi pasar, target pasar dan posisi pasar. Ketiga hal tersebut saling berkaitan, akan tetapi di PT. Nusa Motor Dolopo pembagian pasar sudah jelas, posisipun sudah jelas, namun pada target ada hal yang unik yang perlu diteliti yaitu salah satu target PT. Nusa Motor Dolopo adalah kalangan remaja (anak Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas).
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran dalam penentuan segmentasi, target dan posisi pasar dealer Honda PT. Nusa Motor Dolopo. Dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana analisis strategi pemasaran terhadap segmentasi pasar dealer Honda PT. Nusa Motor Dolopo Madiun? 2) Bagaimana analisis strategi pemasaran terhadap target pasar dealer Honda PT. Nusa Motor Dolopo Madiun? dan 3) Bagaimana analisis strategi pemasaran terhadap posisi pasar dealer Honda PT. Nusa Motor Dolopo Madiun?
Adapun jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini merupakan penelitian lapangan, karena peneliti dalam mengumpulkan data langsung dari lokasi penelitian. Penelitian ini mengutakan metode kualitatif studi kasus, yang menjelaskan tentang strategi pemasaran dalam menentukan segmentasi, target dan posisi pasar dealer honda PT. Nusa Motor Dolopo. Data yang diperoleh yakni data-data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian menjelaskannya dalam bentuk uraian kata-kata bukan berupa angka yang selanjutnya dipaparkan dalam bentuk laporan bersifat analisis.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa segmentasi Pasar PT. Nusa Motor Dolopo yaitu berdasarkan segmentasi geografis dan segmentasi demografis. Target Pasar PT. Nusa Motor Dolopo adalah pasar sasaran jangka pendek, pasar sasaran primer dan pasar sasaran sekunder. Dan posisi pasar PT. Nusa Motor Dolopo yaitu Positioning berdasarkan manfaat produk Positioning berdasarkan berdasarkan masalah, dan value added service (jasa-jasa yang memberi nilai tambah).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aji Damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 May 2020 02:09
Last Modified: 06 May 2020 03:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/8996

Actions (login required)

View Item View Item